Bukan Hanya Bakat Musik, Ini 3 Prinsip Maia Estianty yang Bentuk Karakter Al, El, dan Dul

Maia Estianty
Sumber :
  • IG @maiaestiantyreal

Jakarta, VIVA – Maia Estianty baru-baru ini membeberkan cara asuhnya kepada tiga anak laki-laki yang kini telah beranjak dewasa, Al Ghazali,  El Rumi dan Dul Jaelani.

Walaupun anak-anaknya sudah mempunyai pemikiran dewasa nya masing-masing, Maia Estianty sebagai ibu masih sering memperingatkan anaknya untuk tidak berjalan ke arah yang salah. Maia mengaku menegakkan 3 prinsip yang harus dilakukan anak-anaknya demi terhindar dari pergaulan remaja.

“Dulu zaman mereka masih berada di bawah 20 tahun, itu kan masa-masa anak remaja lagi berkembang dan pasti akan mencoba segala sesuatu hal yang baru. Aku selalu bilang sama mereka ‘Jangan hamilin anak orang’ dan yang kedua ‘Jangan kena kasus hukum’,” ungkap Maia Estianty saat menjadi bintang tamu pada podcast Atta Halilintar @needatalk.

“Aku bilang juga sama anak-anak ‘Jangan nyakitin hati anak orang’,” lanjutnya.

Maia meyakini bahwa dengan memberikan pemahaman akan konsekuensi dari setiap tindakan, anak-anaknya akan lebih bijak dalam mengambil keputusan.

“Aku selalu bilang pasti mereka tahu baik buruknya dalam kehidupan dan konsekuensi selalu ada. Mau jadi penjahat ya konsekuensinya bakal masuk penjara, kalau jadi anak yang baik maka kebaikannya akan dikembalikan,” ujarnya.

Maia mengakui bahwa komunikasi yang terbuka menjadi kunci utama dalam membangun hubungan yang baik dengan anak-anaknya.

“Karena kalau kita larang anak-anak ini nggak bakal deket sama aku. Karena anak-anak zaman sekarang menurut gue nggak kenal dengan kata ‘gak boleh’. Kalau sama anak zaman sekarang kan kita harus selalu kasih nasihat,” ucapnya.

Mengingat ketiga anaknya sudah mempunyai pasangannya masing-masing, Maia Estianty selalu berharap hubungan mereka akan berlangsung lama.

Al El dan Dul

Photo :
  • IG @elrumi

“Kita harapannya sih selamanya ya. Karena kita nggak pernah tau yang namanya perjodohan. Kalau perjodohan tuh ada yang jodoh mampir (sementara) dan ada juga yang jodoh selamanya,” ujarnya.

Maia Estianty mengungkapkan bahwa ia selalu berharap pernikahannya akan langgeng. Ia juga mengakui bahwa takdir perjodohan ada di tangan Tuhan.

“Aku nggak pernah kalau menikah harapannya cerai, nggak mungkin. Jadi pada saat nikah harapannya bakal selamanya, tapi Tuhan bilang perjodohan kamu sampai saat ini aja berarti itu kan jodohnya mampir (saat bersama Ahmad Dhani). Kemudian aku ketemu lagi dengan jodoh yang Insha Allah selamanya,” tuturnya.

Hal tersebut juga menjadi fokusnya pada masa depan anak-anaknya kelak. Maia Estianty mengungkapkan bahwa ia tidak bisa memprediksi masa depan hubungan anak-anaknya. Ia menyerahkan segala sesuatu kepada takdir Tuhan.

“Nah sama dengan anak-anak, aku juga nggak tau apakah mereka ketemu pasangan yang hanya mampir aja atau selamanya. Itu kan sebuah perjalanan hidup yang nggak bisa kita atur karena itu urusan Allah,” ucapnya.