Digosipkan Dekat dengan El Rumi, Eca Aura Tanyakan Soal Jodoh Beda Agama ke Habib Jafar

Habib Jafar dan Eca Aura.
Sumber :
  • Kolase Instagram.

VIVA Showbiz – Eca Aura belakangan ini digosipkan tengah menjalin hubungan asmara dengan El Rumi. Meskipun dinilai punya kecocokan, namun sangat disayangkan karena keduanya punya agama yang berbeda. Sementara El Rumi adalah seorang Muslim, Eca Aura memeluk agama Kristen.

Di tengah kabar kedekatan itu, Eca Aura mempertanyakan bagaimana urusan jodoh bagi orang-orang yang punya beda agama kepada Habib Jafar. Scroll lebih lanjut ya.

"Jodoh kan di tangan Tuhan, kalau Tuhannya beda?" kata Eca Aura, mengutip video di Instagram Habib Jafar, Senin 8 Juli 2024.

Dijelaskan oleh Habib Jafar bahwa meskipun di dunia ini ada banyak keyakinan tetapi pada hakikatnya hanya ada satu Tuhan. Seperti dalam agama Islam, Allah SAW punya sifat yang Esa atau berarti satu-satunya. Habib Jafar mengungkapkan, setiap orang sudah ditentukan pasangannya masing-masing oleh Yang Maha Kuasa sekalipun orang tersebut tidak beragama.

"Tuhan kan Esa, cuma konsepnya itu berbeda-beda. Jodoh memang di tangan tuhan, tapi orang yang nggak menyembah Tuhan pun, Tuhan tetap kasih jodoh karena Tuhan itu punya dua cinta yang agung," kata Habib Jafar.

"Pertama Rohim, cinta kepada penyembahNya. Kedua adalah Rahman, cinta kepada seluruh ciptaanNya. Meskipun ke yang nggak nyembah dia," tambahnya.

Eca Aura dan El Rumi

Photo :
  • Tangkapan Layar

Jodoh juga merupakan bentuk rezeki yang diberikan Tuhan kepada semua ciptaanNya. Baik manusia, hewan, maupun tumbuhan, masing-masing sudah punya rezekinya masing-masing yang ditentukan sejak lahir.

Perihal jodoh juga sama, setiap orang di muka bumi ini sudah diciptkan berpasang-pasangan sehingga baik orang yang memeluk agama sama maupun berbeda, pasti ada jodohnya masing-masing.

"Nah jodoh itu, bukan ditunggu tapi dicari karena jodoh itu salah satu rezeki. Dan rezeki itu, kata Al-Qur'an 'Tidak satu pun hewan yang bergerak di atas bumi melainkan dijamin rezekinya oleh Allah' (QS. Hud ayat 6)," jelas Habib Jafar.

"Rezeki itu sudah disiapkan bagi segala sesuatu termasuk hewan dan tumbuhan yang bergerak. Kuncinya bergerak. Jadi jodoh itu dijemput, bukan ditunggu," sambungnya.

Habib Jafar

Photo :
  • IG @husein_hadar

Menegaskan bahwa jodoh adalah sesuatu yang harus dicari, selayaknya rezeki dalam bentuk materi, Habib Jafar menyoroti mitos yang diyakini di Indonesia bahwa sangat gengsi ketika seorang wanita harus menyatakan perasaannya terlebih dahulu kepada pria yang disukai.

Padahal, sejak zaman Nabi terdahulu, Siti Khadijah yang dikenal sebagi wanita paling mulia di muka bumi justru menyatakan perasannya terlebih dahulu pada Nabi Muhammad SAW tanpa memikirkan gengsi.

"Kadang di Indonesia ini mitosnya, kalau perempuan baik-baik, perempuan muslim itu nunggu jodoh. Jangan nembak duluan. Padahal Sayyidah Khadijah, perempuan termulia di muka bumi ini dalam perspektif Islam, itu yang nembak duluan kepada Nabi Muhammad SAW," papar Habib Jafar.