Harashta Haifa Zahra Juara Miss Supranational 2024, Jadi Satu-Satunya Perwakilan Asia di Top 5

Harashta Haifa Zahra
Sumber :
  • Instagram

VIVA SHOWBIZ – Anak bangsa Indonesia mengukir sejarah dalam ajang kecantikan internasional. Harashta Haifa Zahra berhasil membawa pulang mahkota Miss Supranational 2024 ke tanah air. Tata (sapaan akrab) jadi Puteri Indonesia yang pertama yang memenangkan gelar tersebut.

Harashta Haifa Zahra jadi satu-satunya wakil Asia yang masuk ke dalam jajaran lima kontestan terbaik. Nama mojang Bandung itu dipanggil pada urutan ketiga setelah kontestan dari Amerika Serikat dan Brazil. Dua posisi lainnya disi oleh puteri dari Republik Ceko dan Curacao. 

Pada malam puncak itu, Harashta Haifa Zahra cantik dalam balutan gaun rancangan desainer Jessie Gunawan. Sang desainer mengusung tema "Lintang Segara" yang melambangkan bintang-bintang yang bersinar sehingga harapannya mahasiswa Teknik Lingkungan itu menjadi sorotan di mata dunia, dikutip berita VIVA, 7 Juli 2024.

Gadis cantik kelahiran Garut itu menjadi two last standing bersama Jenna Dykstra perwakilan dari Miss Amerika Serikat. Dalam suasana tegang, keduanya saling menatap dan menguatkan satu sama lain. 

Sampai akhirnya, pembawa acara menyebutkan nama Harashta Haifa Zahra sebagai pemenang Miss Supranational 2024. Puteri Indonesia 2024 itu lantas membungkukkan badan sambil menutup muka karena tak kuasa menahan haru dan rasa bahagia yang begitu besar. 

Prestasi gemilang lain yang berhasil diukir alumni Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas Bandung) itu adalah membawa pulang predikat Miss Supertalent 2024. Harashta sukses memukau dewan juri serta para penonton lewat bakat memainkan alat musik kecapi, menarikan tarian tradisional hingga menyanyikan lagu "Bubuy Bulan" dengan luar biasa.

Berdasarkan video viral yang beredar di TikTok, semua hadirin yang menyaksikan secara langsung aksi panggung Harashta kompak berdiri dan bertepuk tangan begitu meriah sebagai bentuk apresiasi untuk Tata. Miss dari negara lain yang juga jadi peserta di ajang kecantikan itu ikut memberikan standing ovation lho. 

Kemenangan Tata di Miss Supranational 2024 disambut dengan penuh haru dan rasa bangga oleh masyarakat Indonesia. Ini sekaligus jadi bukti bahwa perempuan kelahiran 5 September 2003 kompeten menyandang gelar Puteri Indonesia. Lantaran banyak yang mengatakan terpilihnya Tata sebagai juara di Puteri Indonesia tidak objektif.

Hal itu kontan dibantah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang merupakan salah satu juri ketika penobatan Harastha Haifa Zahra sebagai Puteri Indonesia. 

"Noh yang katanya @harashtata perwakilan Jawa Barat, menang Puteri Indonesia 2024, tidak objektif karena saya jadi salah satu jurinya, semalam ia juara di forum Miss Supranational di Polandia," tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya @ridwankamil.

Sekali lagi selamat untuk Harastha Haifa Zahra atas prestasi gemilang di kancah internasional sebagai Miss Supranational 2024.