Jalani Ibadah Haji Furoda, Raffi Ahmad Diendorse?

Raffi Ahmad
Sumber :
  • IG @raffinagita1717

JAKARTA  –Setelah tahun lalu tidak bisa menjalankan ibadah haji. Tahun ini Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Amy Qanita, Rieta Amalia dan adik serta adik ipar Raffi Ahmad akan menjalankan ibadah haji.

Berbeda dengan jamaah haji reguler umumnya, Raffi Ahmad dan keluarganya menjalankan ibadah haji melalui kuota haji furoda.  Berbeda dengan haji reguler, haji Furoda sendiri merupakan ibadah haji yang diatur dan dikelola secara langsung oleh Pemerintah Arab Saudi. Berbeda dengan haji reguler yang perlu menunggu waktu, haji Furoda sendiri tidak perlu menunggu masa waktu untuk bisa pergi ke tanah suci.

"Bedanya haji Furoda itu visanya dari kerjaan Arab Saudi langsung bukan dari pemerintah bukan kuota. Dapat undangan langsung dari kerjaan Saudi,"  kata CEO travel haji dan umroh yang mengurus keberangkatan Raffi Ahmad dan keluarga dikutip dari tayangan YouTube.

Di sisi lain, ketika ditanya apakah perjalanan haji furoda ini merupakan salah satu bentuk endorsment atau bukan, Raffi punya jawaban sendiri. Untuk diketahui biaya haji furoda sendiri jauh lebih mahal dibandingkan dengan haji reguler atau ONH Plus. Per tahun 2024, biaya haji Furoda sendiri berkisar antara US$19 ribu hingga US$26 ribu atau setara Rp285 juta hingga Rp412 juta.

"Itu sebenarnya umroh ada aja rezekinya pokoknya kita bisa berangkat. Aku pertama kali (umroh) kadang kita bingung (kok bisa umroh) ya udah bisa sampai sana, Alhamdulillah," kata dia.

Raffi mengungkap dia percaya bahwa ketika memang sudah mendapat panggilan untuk beribadah haji atau umroh, pasti akan ada saja kemudahan untuk bisa pergi beribadah ke tanah suci. Dia juga mengaku bersyukur tahun ini bisa menjalankan ibadah haji.

"Kita kadang punya uang aja, uang banyak bisa umroh apa enggak. Ada yang malah diundang orang bisa berangkat. Ada yang susah banget bisa berangkat. Ada yang bergelimang harta, rezekinya banyak enggak bisa berangkat. Apapun niatnya kita baik di sini bisa sampai rumah Allah aja Alhamdulillah," ungkap ayah dari Rafathar dan Rayyanza ini.