Richard Lee Ajak Inara Rusli-Lady Nayoan Live Shopping 23 Jam, Sampai Pecahkan Rekor
- Instagram @dr.richard_lee.
VIVA Showbiz – Live shopping tengah menjadi tren belakangan ini. Bahkan, tak sedikit artis yang ikut-ikutan menjadi kreator dan berjualan melalui siaran langsung di platform e-commerce.
Fakta tersebut didukung data internal yang dikeluarkan TikTok Shop yang mengungkapkan bahwa 1 dari 3 pengguna TikTok pernah membeli produk melalui TikTok Shop. Bahkan, platform ini berhasil memecahkan rekor penjualan melalui fitur live shopping dengan total Rp107 miliar pada Agustus 2023 lalu. Scroll untuk informasi selengkapnya.
Live Shopping sendiri dinobatkan menjadi fitur favorit konsumen untuk melakukan transaksi di platform TikTok. Dengan adanya konsep ini, konsumen dapat menikmati aktivitas hiburan sekaligus berbelanja dan berinteraksi secara real-time dengan para merchants.
Sementara bagi kreator affiliate, kehadiran fitur live shopping diakui tidak hanya membantu mereka untuk membangun dan menjaga hubungan dengan audiens di TikTok, tapi juga membuka peluang baru mendapatkan penghasilan tambahan melalui kolaborasi dengan beberapa merek lokal dalam hal promosi dan penjualan.
Pada Agustus 2023 lalu, 3 kreator affiliate TikTok, yakni #RajaKreatorKecantikan dr. Richard Lee, #RatuAffiliator Mami Louisse, dan #RajaElektronik Kohcun berhasil mencatatkan rekor penjualan tertinggi yang berasal dari interaksi melalui fitur live shopping.
Selain memanfaatkan fitur live shopping selama 23-26 jam dalam sekali waktu untuk menjangkau lebih banyak audiens, strategi yang mereka lakukan adalah dengan berkolaborasi dengan beragam merek lokal dan publik figur.
Richard Lee, seorang dokter yang juga aktif memberikan ulasan produk kecantikan, mengungkapkan, mereka tidak tanggung-tanggung melakukan live shopping selama 23 jam non stop.
"Kami melakukan live shopping selama 23 jam non-stop secara bergantian dengan menghadirkan sesi live yang interaktif dan menarik. Kami mengajak beberapa selebriti ternama di Indonesia, seperti Inara Rusli, Inge Anugrah, dan Lady Nayoan Kjaernett untuk memberikan product knowlegde kepada penonton kami,” ujar Richard Lee dalam keterangannya, dikutip Rabu 13 September 2023.
Sebagai hasilnya, dr. Richard Lee bersama timnya berhasil menjual produk kecantikan sebesar Rp41 miliar dalam satu hari. Capaian ini menunjukkan bahwa konsistensi dan tekad yang disertai dengan rasa ingin terus belajar hal baru dapat mengantarkan pada kesuksesan.
Setelah mulai mencoba fitur live shopping TikTok Shop pada Januari 2023, dr. Richard Lee berhasil masuk dalam daftar Top 10 kreator konten dengan penjualan terbesar pada bulan Juli setelah berpartisipasi dalam kampanye TikTok Shop.
Baik dr Richard Lee, Mami Louisse, maupun Kohcun, ketiga kreator affiliate ini memiliki personal branding yang sama, yakni gemar membagikan informasi dan ulasan produk yang dikemas dalam konten yang kreatif.
Misalnya, dr. Richard Lee yang bertekad untuk membantu konsumen Indonesia memahami manfaat produk perawatan kecantikan, Mami Louisse yang memulai perjalanannya bersama TikTok dengan mengunggah video kesehariannya berbagi informasi seputar parenting dan perjalanan pemulihan kondisi anaknya, dan Kohcun membuat video ulasan produk elektronik di tahun 2021 dengan cara yang mudah dipahami audiens.