Michelle Yeoh, Aktris Asia Pertama Tembus Nominasi Oscar

Michelle Yeoh
Sumber :
  • people.com

VIVA Showbiz – Academy of Motion Picture Arts and Science (AMPAS) telah resmi mengumumkan deretan nominasi Academy Awards ke-95 atau Oscar 2023. Menariknya dalam deretan nominasi Oscar tahun ini, sosok Michelle Yeoh masuk dalam nominasi Best Actress dalam film The Everything Everywhere All at Once.

Nominasi ini menjadi nominasi pertamanya sekaligus mencetak sejarah sebagai aktris keturunan Asia pertama yang masuk dalam nominasi Best Actress untuk Oscar. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Masuknya nama Michelle Yeoh dalam nominasi Best Actress dalam Oscar ke-95 ini diungkapkan sang aktris bahwa ia bisa membuktikan pada dunia bahwa orang Asia juga bisa masuk dalam nominasi penghargaan terbesar di dunia perfilman dunia.

"Saya pikir apa artinya bagi saya adalah semua orang Asia di luar sana berkata, 'Anda lihat, itu mungkin. Jika dia bisa melakukannya, saya juga bisa melakukannya dengan baik.' Itu hal yang paling penting. Saya sangat biasa," kata dia mengutip laman PEOPLE.

Yeoh juga mengungkap bahwa semua orang bisa sukses selama orang tersebut bisa memanfaatkan peluang dan bekerja keras.

"Saya hanya bekerja sangat keras. Ada begitu banyak aktris, aktor brilian di luar sana yang tahu bahwa mereka duduk di sana. Yang harus mereka lakukan adalah menemukan peluang dan ke sana," sambung dia.

Aktris kelahiran Malaysia yang dianggap sebagai calon pemenang Best Actress di Academy Awards mendatang dalam penampilannya sebagai Evelyn Wang di Everything Everywell All at Once ini mengatakan kepada TIME bulan lalu bahwa dia telah "memikirkan" fakta bahwa tidak ada wanita Asia yang pernah memenangkan penghargaan tersebut di Oscar.

"Dan bukan hanya saya, saya merasa seluruh komunitas Asia saya telah memikirkannya. Mereka mendatangi saya dan berkata, 'Kamu melakukannya untuk kami'," kata Yeoh kepada TIME.

Michelle Yeoh

Photo :
  • usatoday

Sebagai informasi, Academy Awards telah dikritik di masa lalu karena menominasikan terutama aktor kulit putih. Namun, tahun ini, beberapa aktor Asia masuk ke dalam beberapa nominasi di Academy termasuk lawan main Yeoh, Ke Huy Quan dan Stephanie Hsu, serta Hong Chau dalam The Whale.

Ini menandai jumlah tertinggi nominasi akting Asia yang diakui akademi dalam sejarahnya, menurut Variety.

Yeoh telah meraih beberapa penghargaan di musim ini, termasuk Golden Globe untuk aktris terbaik. Dia menjadi aktris Asia kedua yang memenangkan penghargaan tersebut (Awkwafina memenangkan penghargaan tersebut pada tahun 2020 untuk perannya dalam The Farewell).

Michelle Yeoh

Photo :
  • facebook.com/pages/Michelle-Yeoh

Dia juga menerima penghargaan Aktris Terbaik dari National Board of Review.

"Saya sangat bangga menjadi aktris Asia pertama dalam 45 tahun yang menerima penghargaan ini. Saya harap ini berarti Hollywood dan komunitas pembuat film menyadari betapa film ini sangat menentukan, dan semua hal yang telah saya perjuangkan dan coba capai dalam karier empat dekade saya," kata dia saat menerima penghargaan dari National Board of Review.

Yeoh juga membawa pulang penghargaan aktris terbaik dari Saturn Awards dan Hollywood Critics Association untuk perannya dalam film tersebut, dan dinominasikan untuk penampilan utama yang luar biasa di Gotham Independent Film Awards.

Dia juga siap untuk penampilan utama terbaik di Film Independent Spirit Awards, yang akan diadakan pada 4 Maret.