Banyak Daerah Kena Abrasi, Felicya Angelista Tanam 3000 Pohon
- Instagram @felicyangelista_
VIVA – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan terluas di dunia. Menurut World Bank, populasi hutan mangrove di Indonesia mencapai 3,5 juta hektare atau sekitar 23 persen dari total populasi mangrove secara global.
Negara kepulauan ini juga tergolong unik, karena Indonesia memiliki spesies mangrove terlengkap, mencapai 92 jenis. Namun, dari tahun ke tahun, ekosistemnya semakin berkurang akibat banyaknya permasalahan lingkungan dan perubahan iklim.
Di daerah pesisir yang berbatasan dengan perairan, abrasi air laut turut mengikis bibir pantai dan mengancam kehidupan warga di sekitarnya. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Kementerian Maritim dan Perikanan, Indonesia kehilangan 29.261 hektare bibir pantai dalam kurun waktu 15 tahun terakhir, yang luasnya hampir menyamai kota Jakarta.
Mengajak orang-orang untuk lebih menyayangi Bumi, pesinetron Felicya Angelista, melalui brand kecantikan Scarlett, miliknya, mengumumkan kolaborasi dengan LindungiHutan.
Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, keduanya melaksanakan program penanaman lebih dari 3.000 pohon mangrove di beberapa daerah, seperti Kendal, Semarang, Demak, dan Bontang, dengan menjunjung tema #SayangiDiriSayangiBumi.
"Meskipun Scarlett adalah brand yang bergerak di bidang kecantikan, namun kami ingin berkontribusi langsung melakukan penanaman pohon demi menjaga keberlangsungan lingkungan dan makhluk hidup," ungkap Felicya Angelista selaku Owner Scarlett, dalam keterangannya, Selasa 11 Januari 2022.
"Kami ingin menyebarkan awareness bahwa selain menyayangi diri, kita juga tidak boleh lupa untuk menyayangi bumi. Daerah-daerah yang kami pilih merupakan daerah yang terdampak abrasi cukup parah, kami berharap reboisasi hutan mangrove bersama LindungiHutan bisa membantu mencegah abrasi tersebut,” tambah dia.
CEO LindungiHutan, Miftachur 'Ben' Robani, mengungkapkan, kerjasama ini merupakan pencapaian nilai kolaborasi yang dipegang yaitu, Bersama Menghijaukan Indonesia.
"Ketika pesan menjaga lingkungan terkadang sulit dicerna semua orang, konsumen diberikan pilihan untuk menjaga kecantikan dirinya sekaligus mendukung brand yang punya komitmen dalam ikut menjaga lingkungan hidup. Kami berharap, semakin banyak konsumen Indonesia yang peduli dengan berbagai upaya konservasi lingkungan, serta melakukan tindakan nyata untuk mencegah kerusakan alam yang lebih parah," kata dia.
Tidak hanya berhenti di tahun ini, Felicya Angelista berharap bisa terus melanjutkan program #SayangiDiriSayangiBumi ini, agar dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam di dalam negeri.