Ronny Sianturi: Prostitusi di Dunia Artis Gampang Terekspos

Roni Sianturi
Sumber :
  • Viva.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Publik Tanah Air tengah dihebohkan kasus prostitusi online yang melibatkan dua artis wanita, yakni Vanessa Angel dan model Avriellia Shaqqila. Kini, kasus tersebut tengah ditangani Kepolisian Daerah Jawa Timur. 

Fenomena prostitusi di kalangan artis, sebetulnya sudah lama jadi obrolan dan seolah biasa di mata publik. Kasus prostitusi yang dialami Vanessa Angel dan Avriellia ini pun terjadi yang ke sekian kali, setelah 2015 silam, polisi juga berhasil membongkar kasus serupa di Jakarta. 

Muncul asumsi bahwa tuntutan gaya hidup, menjadi pendorong sebagian pesohor terjerat dalam aktivitas tersebut. Namun, apakah praktik prostitusi di kalangan artis sudah berjalan sejak lama? 

Penyanyi yang tenar tahun 1980-an, dengan kelompok musiknya Trio Libels, Ronny Sianturi, tak begitu banyak menggambarkan ketika ditanya soal itu. Di zamannya, dia mengaku tak pernah menerima gosip-gosip seperti itu di kalangan artis. 

"Kalau (kabar prostitusi artis tahun 1980-1990-an) itu sih dulu aku enggak ngikutin, mungkin karena aku pria, sehingga jarang ngikutin," katanya kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu 6 Januari 2019. 

Ronny mengatakan, aktivitas prostitusi ada sejak lama dan membayangi semua kalangan, jauh sebelum beberapa kasus prostitusi artis terungkap ke publik beberapa tahun terakhir. "Namun, kejadian ini tidak bisa serta merta selalu dikonotasikan dengan kegiatan seni, karena saya pikir prositusi itu di semua lini ada," tuturnya. 

"Cuma bedanya, kan, kalau di dunia keartisan gampang terekspos, sehingga jejaknya akan lebih mudah dilacak. Perbedaannya hanya itu saja," ujar pria 53 tahun yang kini maju sebagai calon legislator DPR.

Ronny enggan menjelaskan, ketika ditanya perbedaan gaya hidup kalangan artis zaman dulu dengan sekarang, yang disebut-sebut banyak pihak sebagai pendorong sebagian pesohor Tanah Air sekarang tercebur ke dunia esek-esek kelas atas.

"Cuma, kalau dulu baru punya rumah aja, setelah sepuluh tahun (berkarier di dunia hiburan)," tegas mantan suami Atiek CB itu. (asp)