Begini Cara Denny Sumargo dan Rifat Sungkar Pilih Oli Mobil

Pertamina Fastron di GIIAS 2024
Sumber :
  • Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA – Memiliki mobil dalam kondisi prima tentu jadi impian semua orang, namun untuk mendapatkan hal tersebut kendaraan perlu mendapatkan perawatan yang tepat, salah satunya pemilihan oli mesin.

Di Indonesia sangat banyak merek oli mesin yang beredar di pasar. Mulai dari merek lokal, hingga impor hadir untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna mobil di Indonesia, ditawarkan dengan harga, takaran, dan spesifikasi berbeda-beda.

Oli mesin biasanya menekankan bahan dasar yang digunakan, misalnya semi sintetis, full sintetis, ester, atau mineral. Masing-masing pelumas memiliki tingkat kekentalan berbeda-beda, begitu juga dengan zat adiptif.

Biasanya produk impor harganya cendrung lebih mahal, dibandingkan buatan dalam negeri. Dari sekian banyak pelumas, ada beberapa merek lokal yang sudah mendunia hingga memiliki pelanggan tetap, salah satunya Pertamina Lubricants.

Rifat Sungkar yang merupakan Pereli Nasional, mengatakan, oli ibarat darah pada mesin yang memengaruhi kinerja, dan umur mesin. Jadi pastikan untuk menggunakan jenis, dan viskositas oli yang cocok dengan kendaraan.

"Ini bisa dilihat dari keterangan SAE di botol oli. Contohnya, Pertamina Fastron Techno series SAE 10W-30 yang cocok untuk jenis passenger car seperti SUV, MPV, sedan dan hatchback," ujarnya dalam sesi talk show Pertamina di GIIAS 2024, ICE BSD, Tangerang Selatan, Minggu 21 Juli 2024.

Sementara menurut Denny Sumargo yang menjadi brand ambassador Pertamina Fastron, untuk memastikan pelumas yang cocok bagi pemilik mobil baru bisa cek manual book, atau ke bengkel Fastron Auto Service untuk memastikan oli yang tepat.

Menurut Manager PCO & Specialties Pertamina Lubricants, Dani Ardiyanto, sejak Fastron hadir pada 2003 silam, pelumas buatan lokal itu terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi mesin, dan cepat dalam menghadapi perubahan industri otomotif.

"Saat ini kami memiliki lebih dari 10 varian Pertamina Fastron yang diperuntukan untuk kebutuhan pelumas segala jenis mobil, dari mobil harian hingga supercar, yang menawarkan perlindungan mesin optimal dan kualitas yang melampaui standar industri terkini,” kata Dani.