Ini Penyebab Pedal Kopling Mobil Menjadi Berat

Ilustrasi kopling mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA Otomotif – Kopling merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi sebagai penghubung antara roda gigi transmisi dengan poros engkol. Kehadiran komponen ini biasanya dihadirkan pada kendaraan roda empat jenis manual.

Namun, seiringinya waktu penggunaan, membuat komponen itu terkadang mengalami masalah. Kebanyakan dari pengemudi mobil merasakan injakan pedal kopling yang lebih berat. Hal itu menjadi tanda adanya kerusakan pada bagian kabel di dalamnya.

Namun, ternyata hanya bagian itu saja penyebab masalah pada kopling mengalami keras. Lantas, apa saja penyebabnya? Dirangkum VIVA dari Auto2000, Selasa 29 November 2022, ada penyebab lainnya, berikut daftarnya;

Ilustrasi kopling mobil

Photo :
  • Suzuki

1. Kampas Kopling Mulai Menipis
Biasanya penyebab ini karena adanya tekanan berlebih di clutch cover yang menekannya lebih dalam hingga menyebabkan diafragma keluar. Selain itu kotoran sisa kampas kopling juga akan menumpuk pada bagian sela pegas diafragma.

Akibatnya, kotoran tersebut akan menghambat pergerakan pegas dan membuat kopling berat saat diinjak. Oleh karena itu, perlu melakukan perawatan secara berkala bagi pengguna mobil jenis manual.

2. Cover Clutch yang Usang
Clutch cover atau tutup kopling merupakan salah satu komponen dari sistem kopling. Benda ini memiliki fungsi untuk menjepit kampas kopling. Apabila mengalami masalah, maka bisa menurunkan daya tekan dan membuat pressure plate tidak bekerja secara maksimal.

3. Kebiasan Mengemudi yang Kurang Baik

Ilustrasi mengendarai mobil.

Photo :
  • Dailymail.co.uk

Selain dari komponen, ternyata kebiasaan mengemudi yang kurang baik juga berpengaruh terhadap masalah pedal kopling. Contoh kebiasaan mengemudi yang buruk bisa seperti menginjak, melepaskan kopling secara cepat dan spontan membuat usai pakai lebih cepat.

4. Minyak Rem Dalam Hidrolik Kopling Kotor
Sebagai pemilik mobil manual penting untuk memperhatikan minyak rem. Biasanya benda ini sering mengalami kotor yang dipengaruhi oleh lumpur di dalamnya. Hal ini tidak diganti dalam waktu yang lama, akhirnya kotoran akan menyumbat saluran minyak kopling.

Lebih parahnya lagi, bagian ini dapat membuat dinding dan seal dari master kopling rusak di bagian atas dan bawahnya. Alhasil, penyebab-penyebab itulah, pengemudi akan merasa berat saat pedal kopling diinjak.

5. Release Bearing yang Rusak
Pada komponen kopling mobil, terdapat release bearing yang berfungsi untuk mendorong pegas diafragma pada cover clutch. Apabila mengalami kerusakan, maka akan melemahkan tekanan diafragma dan kesulitan untuk menekan pedal kopling.