Begini Cara yang Benar Merawat Kaca Helm Iridium

Helm RSV dengan kaca iridium
Sumber :
  • RSV

VIVA – Helm kini bukan lagi sekadar alat untuk melindungi kepala pengendara sepeda motor. Banyak pemotor yang menjadikan benda tersebut sebagai bagian dari gaya hidup.

Salah satu bagian dari helm yang kerap menjadi daya tarik adalah kaca. Jika dulu kaca helm memiliki sifat transparan, seiring perkembangan muncul pelapisnya. Mulai dari hitam hingga pelangi, atau yang dikenal dengan istilah iridium.

Pelapis tersebut berfungsi untuk mencegah mata pengendara silau akibat terik matahari. Dengan adanya lapisan berwarna, maka mereka bisa melihat jalanan dengan lebih jelas dan fokus.

Bicara soal pelapis iridium, banyak yang belum tahu bahwa kaca helm model ini memerlukan perawatan ekstra. Hal itu diungkapkan oleh Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan. Berbeda dengan kaca helm biasa, kaca iridium harus rajin dirawat. Terutama usai terkena guyuran hujan.

“Langsung bersihkan dan keringkan apabila terkena air hujan, sesudah dipakai. Soalnya, air hujan mengandung asam yang bisa membuat luntur pelapis iridium,” ujarnya di Jakarta, Senin, 11 Februari 2019.

Cairan untuk membersihkan kaca tidak perlu khusus, cukup dengan air mineral. Namun, kain yang digunakan harus microfiber, agar tidak menggores permukaan kaca.

“Air mineral kan kadar keasamannya sudah jelas. Kalau air biasa kan kita enggak tahu,” kata Richard. (ase)