Aki Motor Karburator Bisa Buat Injeksi, Ada Tapinya

Aki kering sepeda motor.
Sumber :
  • Hondacommunity.net

VIVA – Aki merupakan salah satu organ penting bagi kendaraan bermotor tak terkecuali sepeda motor. Tanpanya, motor tidak akan dapat menyala tanpa diengkol atau starter.

Tak dimungkiri, saat ini sepeda motor yang dilepas di pasaran sudah banyak mengadopsi sistem injeksi atau bukan lagi karburator. Sebab dinilai lebih irit bahan bakar dan minim perawatan. 

Namun demikian, tren motor retro yang terjadi sekarang ini membuat beberapa produsen kendaraan roda dua memilih untuk membenamkan sistem karburator. Lalu bisakah aki motor injeksi digunakan sistem karburator atau sebaliknya? 

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusumah mengatakan perbedaan yang terdapat pada aki untuk motor injeksi dan motor karburator terdapat pada daya ampere. 

"Setahu saya ada perbedaan di besaran amperenya. Contohnya Beat karburator dan injeksi itu ada perbedaaan di Ampere Hour," ujar Rendra di Jakarta, Rabu, 5 September 2018. 

Namun demikian menurutnya, bisa saja motor karburator menggunakan aki milik 'kuda besi' dengan sistem injeksi. Namun kinerjanya tidak akan berjalan maksimal. 

"Kalau yang karburator itu kan 3,5 amperenya, kalau injeksi itu 3. Sebenarnya saling bisa pakai. Kalau yang karburator pakai yang 3 ampere itu daya simpan arus enggak maksimal. Tapi sebaliknya akan kebesaran, jadi lebih baik pakai sesuai anjuran," tuturnya.