R15 Terbaru Mulai 'Teror' Penjualan CBR150R

Persaingan motor sport fairing 150cc di Indonesia.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Pertarungan sengit penjualan sepeda motor sport fairing di kelas 150cc di Tanah Air cukup menarik untuk diamati. Para pabrikan nampak saling “adu sikut” mencapai predikat terlaris. Ada tiga motor yang bersaing di segmen ini, yakni Honda CBR150R, Yamaha R15, dan Suzuki GSX-R150.

Pergerakan signifikan rupanya diperlihatkan Yamaha All New R15. Setelah beberapa bulan sempat anjlok dan tercecer, kini Yamaha R15 mulai melejit kembali. Perlawanan balik diperlihatkan R15 melalui model terbarunya hingga mampu menundukkan rival abadinya Honda CBR150R.

Data yang dirilis Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), per Mei 2017 menyebut, All New R15 mampu terdistribusi sebanyak 8.474 unit. Sementara Honda CBR150R mampu terdistribusi 7.241 unit. Suzuki GSX-R150 cukup puas dengan distribusi 3.897 unit.

Angka distribusi Yamaha R15 memang terbilang meroket per Mei 2017. Sebagai perbandingan pada Januari R15 terdistribusi 2.116 unit, Februari 1.268 unit, Maret 1.697 unit, April 5.820 unit. Distribusi itu merupakan model R15 terdahulu, sebelum penyegaran. Model barunya dalam AISI baru terdata per Mei 2017.

Sementara Honda dalam ”peperangan” ini masih bertahan dengan tidak adanya perubahan model, masih dengan All New CBR150R. Tapi meski begitu, jika melihat data AISI 2017, sepanjang Januari-Mei, Honda masih jadi yang terkuat. Pada Januari, All new CBR150R terdistribusi 7.513 unit, Februari 7.470 unit, Maret 5.689 unit, April 5.139 unit, Mei 7.241 unit, dan total 33.052 unit.

Dari Suzuki, langkah awal yang ditorehkan GSX-R150 cukup baik. Sebagai pendatang baru GSX-R150 mampu terdistribusi sepanjang Januari - Mei 2017 sebanyak 13.164 unit. Pada Januari GSX-R150 terdistribusi 1.552 unit, Februari 4.216 unit, Maret 1.866 unit, April 1.633, Mei 3.897 unit.

Angkanya memang tak sebanyak CBR150R, tetapi motor ini sudah bisa melampaui penjualan total R15 model lama. Suzuki nampak realistis dengan memasang target 15 persen dari pasar segmen ini. Diharap penjualannya ke depan dapat terus bertahan, mengingat saat ini Suzuki masih menerapkan harga promo pada GSX-R150. (ren)