Penjualan R25 Terpuruk, Yamaha Salahkan Biaya Promosi

Yamaha R25.
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Rendra Saputra

VIVA.co.id – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing angkat bicara mengenai penjualan salah satu produknya di segmen motor sport bermesin 250 cc, yakni R25.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada periode Januari-Maret 2017, penjualan R25 hanya mencapai 506 unit. Angka tersebut kurang lebih hanya seperenam dari perolehan pesaingnya, Honda CBR250RR, yang laku 3.136 unit di periode sama.

General Manager After Sales and Public Relation YIMM, M Abidin, mengaku telah memprediksi bahwa segmen motor sport bermesin 250 cc akan sulit berkembang di Tanah Air.

"Dari awal kami sudah ngomong, segmen ini enggak akan berkembang. Permintaan itu 3-4 ribuan unit saja," kata Abidin di Jakarta.

Apalagi, kata dia, harga jual yang mencapai sekitar Rp60 juta tak sebanding dengan biaya promosi untuk memasarkan produk tersebut.

"Semua merek jual segitu. Enggak sebanding dengan biaya promosi yang gila-gilaan," ujar Abidin. (ren)