Begini Cara Pakai Busi yang Benar

Busi NGK.
Sumber :
  • ngksparkplugs.com

VIVA.co.id – Anda tentu sudah sangat paham cara membongkar busi sendiri pada sepeda motor. Cukup menggunakan alat kunci busi yang sudah disediakan pabrikan di motor, busi bisa langsung dipasang dan dilepas dengan mudah.

Namun, ada banyak hal tidak diketahui seputar pemasangan busi yang kebablasan. Maksudnya, sembarang melakukan pemasangan. Misalnya, terlalu kencang memasang busi atau asal masukkan busi yang bukan anjuran motor.

Dilansir WeloveHonda, Senin, 18 Juli 2016, tiap busi memiliki spesifikasi masing-masing. Mesti ukuran dratnya sama, bisa saja panjangnya berbeda. Kalau salah pilih, tentu bisa gawat.

Seperti halnya ketika motor Anda harus memakai busi pendek, tetapi menggunakan busi yang dratnya panjang. Bahayanya, tentu bisa dihajar piston dan berakibat klep jadi bengkok.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan busi dengan drat pendek untuk motor yang mengharuskan busi dengan drat panjang, elektroda busi tak akan sampai ke ruang bakar. Mau distarter puluhan kali, mesin motor dijamin tak akan hidup.

Apabila memilih businya sudah benar, jangan pula mengencangkan busi dengan otot sekuat tenaga. Cukup dipasang hingga kencang saja. Sebab, bisa jadi elektroda busi akan jadi lebih masuk ke dalam ruang bakar. Hal ini tentunya berisiko busi tertabrak klep. Jika sudah begitu, tinggal tunggu yang kalah duluan saja, apakah busi yang pecah atau klep yang bengkok.

Lalu, jangan coba-coba membuka busi saat keadaan mesin masih panas. Lebih baik menunggu mesin sedikit mendingin. Sebab, membuka busi saat keadaan mesin panas akan membuat drat busi cepat dol. Kalau sudah dol, solusinya cuma dua, yakni ganti head silinder baru atau mesti membuat ulang drat busi di tukang las bubut. (ase)