Pengguna Yamaha NMAX Turbo dan Aerox Turbo Bisa Pakai Oli Mesin Ini
- Jeffry Yanto Sudibyo
VIVA – Memiliki motor dalam kondisi prima tentu menjadi impian semua orang, namun untuk mendapatkan hal tersebut kendaraan perlu mendapatkan perawatan yang tepat, salah satunya pemilihan oli mesin.
Di Indonesia sangat banyak merek oli mesin yang beredar di pasar. Mulai dari merek lokal, hingga impor hadir untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna mobil di Indonesia, ditawarkan dengan harga, takaran, dan spesifikasi berbeda-beda.
Oli mesin biasanya menekankan bahan dasar yang digunakan, misalnya semi sintetis, full sintetis, ester, atau mineral. Masing-masing pelumas memiliki tingkat kekentalan atau SAE berbeda-beda, begitu juga dengan zat adiptifnya.
Di tengah persaingan sengit dalam bisnis pelumas, produsen motor juga ikut membuat oli dengan menggandeng perusahaan minyak terkemuka. Seperti yang dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Produsen motor Yamaha itu menyediakan pelumas sesuai dengan spesifikasi mesin yang mereka buat untuk produk-produknya. Terbaru memanfaatkan acara Yamaha Track Day Yamaha Aerox Alpha di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, mereka juga menghadirkan oli baru bernama Yamalube Turbo Matic.
"Oli baru ini merupakan varian tertinggi atau flagship model yang dikhususkan untuk para konsumen pengguna skutik premium Yamaha," ujar Sutarya, Senior Director Marketing, PT YIMM, Rabu 15 Januari 2025.
Pelumas yang terinspirasi dari teknologi CVT elektronik di NMAX Turbo yang kini bersarang di Aerox baru, memiliki tingkat viskositas atau kekentalan SAE 10W-40 dan API Service di level SN, berubah dari SL. Lalu apa bedanya?
Merangkum dari beberapa sumber, SL (Super Long Life) dibuat untuk motor-motor lama yang diproduksi sebelum tahun 2000. Memiliki tingkat kekentalan yang lebih tinggi dengan formulasi yang lebih sederhana.
Sedangkan SN (Super New) untuk mesin kendaraan yang lebih modern. Untuk jenis ini
memiliki tingkat kekentalan yang lebih rendah, formulasi yang lebih kompleks, dan perlindungan korosi yang lebih baik.
Yamalube Turbo Matic seharga Rp95 ribu per liter ini menawarkan tiga keunggulan. Pertama diklaim dapat mencegah terbentuknya deposit pada pist on dan penumpukan sludge, menjaga kebersihan mesin dan memperpanjang masa pakainya.
Kedua formulasi ini mendukung akselerasi yang superior dengan memastikan perlindungan menyeluruh terhadap deposit. Ketiga, melalui stabilitas oksidasi yang sangat baik, memastikan kinerja mesin yang konsisten selama perjalanan jarak jauh, atau untuk stop-and-go alias macet.