Harley-Davidson Tarik Kembali 15.778 Unit Low Rider

Harley-Davidson Low Rider
Sumber :
  • Rideapart

Jakarta, VIVA – Pabrikan roda dua premium, Harley-Davidson melakukan penarikan kembali (recall) semua model Low Rider El Diablo tahun 2022 dan beberapa model Low Rider ST dari tahun 2022-2024.

Dilansir VIVA dari laman Rideapart pada Jumat, 25 Oktober 2024, permasalahan tersebut  sudah dilaporkan kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Diketahui, recall tersebut diakibatkan karena adanya permasalahan pada kabel rem depan, yang berpotensi bersentuhan dengan tangki bahan bakar selama masa penggunaan kendaraan akibat pembengkokan yang tidak disengaja saat perakitan.

Logo Harley-Davidson

Photo :
  • Pixabay

Adapun hal ini dapat menyebabkan saluran rem pecah seiring waktu, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan hilangnya cairan rem dan daya pengereman depan.

Tanpa daya pengereman yang memadai, risiko kecelakaan tentunya akan meningkat.

Menurut catatan Harley-Davidson, sekitar 15.778 unit sepeda motor diperkirakan terkena dampak penarikan ini.

Dari jumlah tersebut, sekitar 739 adalah model 2022 Low Rider El Diablo, sementara sebanyak 15.039 merupakan model Low Rider ST dari tahun 2022-2024.

Tanggal produksi untuk model 2022 Low Rider El Diablo yang terpengaruh sekitar dari 20 Juni 2022 hingga 25 Oktober 2022.

Sementara itu, tanggal produksi untuk model Low Rider ST yang terpengaruh dari tahun 2022 hingga 2024.

Model Low Rider ST yang diproduksi setelah 8 Agustus 2024 menggunakan proses perakitan yang dimodifikasi, sehingga tidak terkena dampak penarikan ini.

Sebagai informasi, Harley-Davidson telah memberitahukan seluruh jaringan diler dan juga akan mengumumkan kepada para pemilik kendaraan terkait penarikan kembali unit ini pada 21 Oktober hingga 25 Oktober 2024.

Bagi para pemilik pun diharapkan bisa menghubungi jaringan diler terdekat dan nantinya para teknisi akan memastikan kondisi kabel rem apakah ada bengkokan atau terhubung dengan tangki bahan bakar.

Jika hal tersebut ditemukan, diler resmi Harley-Davidson akan menyediakan dan memasang kit penarikan dengan suku cadang pengganti tanpa biaya bagi pelanggan.