Motor Ini Bisa Jadi Pilihan Orang Kaya yang Ogah Beli Honda dan Kawasaki

Triumph TF 450-RC mulai dijual tahun depan
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA – Honda dan Kawasaki menawarkan motor trail dengan spesifikasi berbeda-beda. Namun untuk pasar Indonesia, varian motor penggaruk tanah yang ditawarkan Honda sangat terbatas.

Bukan untuk kompetisi, atau spesial engine melainkan motor trail yang ditawarkan Honda hanya untuk menyalurkan hobi offroad, atau terabasan. Berbeda dengan Kawasaki dan Yamaha yang punya spesial engine.

Motor trail yang digunakan khusus kompetisi itu memiliki tuning mesin yang berbeda, struktur sasis, dan sektor kaki-kaki yang jauh lebih mumpuni. Sehingga secara harga lebih mahal dari Honda CRF, atau Kawasaki KLX.

Tercatat Kawasaki punya 7 model motorcross dengan kategori spesial engine, dan kasta tertinggi atau kelas full-size cross country ada KX250X, dan KX450X. Sayangnya di website resminya harga model itu dirahasiakan.

Kemudian brand Jepang lain yang menawarkan produk serupa ada Yamaha yang terdapat 4 model, yaitu YZ125X dengan harga Rp97 juta sampai Rp129 juta untuk YZ250F. Artinya secara kapasitas mesin untuk versi empat langkahnya lebih kecil dari geng hijau.

Meski di Indonesia Kawasaki tidak punya pesaing yang setara di segmen KX450X, namun di negara lain motor cross itu baru saja mendapatan calon penjegalnya, yaitu Triumph TF 450-RC.

Untuk pertama kalinya Triumph Motorcycles yang kerap menciptakan motor on road, mulai bermain di segmen offroad special engine, dan TF 450-RC menjadi debutnya yang siap dijual ke pasar pada Februari 2025.

Artinya motor penggaruk tanah itu menjadi pilihan baru buat orang-orang kaya yang tidak tertarik meminang motorcross Honda, terutama Kawasaki baik untuk kompetisi, ataupun menyalurkan hobinya.

Melansir Pautan.org, Triumph TF 450-RC akan dibanderol 10.695 pound sterling, atau setara Rp220 juta. Singkatan RC ternyata diambil dari nama pembalap motorcross yang menjuarai 15 kali American Motorcycle Association, yaitu Ricky Carmichael.

Soal jantung pacunya dibekali mesin bensin empat langka SOHC, satu silinder berkapasitas 449.5cc berpendingin cairan. Tenaganya disalurkan melalui transmisi manual kopling 5-percepatan, serta quickshifter.

Tempat penyimpanan bahan bakar, alias tangki 7 liter, dan bobot motor ini 108,6 kilogram. Pada sektor kaki-kaki, suspensi depan upside down lansiran KYB dengan diameter tabung 48 mm, dan jarak bermainnya 310 mm.

Monoshock belakang juga racikan KYB yang dapat disetel sesuai kebutuhan, seperti pengaturan kompresi, pantulan, dan beban, peredam kejut itu punya jarak main 305 mm.

Sistem pengeremannya, Triumph TF 450-RC dilengkapi kaliper dua piston di bagian depan lansiran Brembo dengan carkam Galfer berukuran 260 mm, dan kaliper piston tunggal di belakang dengan cakram 220 mm.

Dipadukan dengan velg jari-jari DID DirtStar berukuran 21 inci lebar 1,6 inci di bagian depan dibalut an dual purpose 80/100, dan belakang 19 inci lebar 2,15 inci dengan ban 110/90. Motor ini juga cukup tinggi, jarak jok ke tanah 960 mm, sepertinya orang RI bisa jinjit dengan tinggi rata-rata.