Suzuki Ungkap Kelanjutan Recall Avenis 125

Suzuki Avenis 125
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Jakarta, VIVA – Beberapa waktu lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah meminta para pemilik motor Suzuki Avenis 125 untuk datang ke bengkel resmi. Hal tersebut dikarenakan adanya perbaikan melalui kampanye Suzuki Product Quality Update di Indonesia.

Adapun sebanyak 108 unit Suzuki Avenis terdampak pada pemeriksaan dan pergantian komponen berupa Ignition Coil Assy.

Berkaitan dengan hal tersebut, Victor Assani selaku 2W dan OBM Service Head PT Suzuki Indomobil Motor mengungkapkan bahwa pihaknya masih memproses perbaikan hal ini.

"Kita masih berproses, jadi kalau balance atau enggak sekarang ini sudah 25 persen dari total yang sudah tertangani," ujarnya dikutip VIVA di Jakarta.

VIVA Otomotif: Suzuki Avenis 125

Photo :
  • VIVA Otomotif

Ia menambahkan, "Juga untuk unit yang terdampak recall tidak usah khawatir. Kita lakukan pengecekkan, rata-rata dari 25 persen yang sudah diperiksa itu tidak masalah,"

Victor pun mengungkapkan bahwa sebanyak 108 unit kendaraan tersebut hanya berupa indikasi saja.

"Kalau total terdampak atau yang terindikasi itu sedikit hanya 108 unit sekian. Itu terindikasi saja, ya," tuturnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya saat ini hanya melakukan pengecekkan terhadap kabel di motor tersebut.

"Rata-rata kita hanya melakukan pengecekkan, apakah kabel tersebut sesuai atau tidak. Kalau misalnya tidak sesuai kita akan ganti, tetapi temuan di lapangan sejauh ini hanya satu atau dua unit," jelas Victor.

Menurutnya, apabila tidak segera dilakukan pengecekkan, permasalahan pada komponen motor yang bermasalah bisa merambat ke komponen lainnya.

"Kalau tidak segera dilakukan pengecekkan, misalnya tadi ada satu yang harus diganti komponenannya, jika pemilik tidak segera mengganti kedepannya akan ada potensi retak dan kebocoran yang membuat motornya bisa mati," terangnya.

Lebih lanjut, Victor menegaskan bahwa perbaikan pada Suzuki Avenis 125 ini bukanlah hal yang fatal, tapi hanya sebagai bentuk kepedulian dari perusahaan.

"Memang tidak terlalu (fatal), cuma ini kan bentuk concern kita. Ada sesuatu hal yang tidak aman dan tidak nyaman seperti recall Avenis, pasti akan kami tangani," tegasnya.

Untuk diketahui, kasus recall Suzuki Avenis 125 ini terdampak di beberapa daerah Indonesia, meliputi Batam, Kalimatan Timur, Sulawesi, dan Lampung.

"Bagi konsumen di daerah-daerah tersebut sudah kita hubungi dan sudah diberi tahu," tutupnya.