Bastianini Catat Rekor di Sesi Latihan MotoGP Mandalika 2024

Pembalap Ducati Lenovo Team, Enea Bastianini
Sumber :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

Lombok, VIVA – Enea Bastianini, pembalap dari tim Ducati Lenovo, tampil impresif dalam sesi latihan MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat 27 September 2024. Bastianini berhasil memecahkan rekor lap tercepat dengan waktu 1 menit 29,630 detik.

Jorge Martin dan Franco Morbidelli, dua pembalap dari tim Prima Pramac Racing, menempati posisi kedua dan ketiga. Martin hanya tertinggal 0,40 detik, sementara Morbidelli terpaut 0,79 detik di belakang Bastianini.

Francesco Bagnaia, rekan setim Bastianini, menyelesaikan latihan di posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 29,712 detik. Marco Bezzecchi dari tim Pertamina Enduro VR46 menutup posisi lima besar.

Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Marc Marquez (Gresini Racing), Pedro Acosta (GASGAS Tech3), Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46), dan Maverick Vinales (Aprilia Racing) melengkapi daftar 10 pembalap tercepat di sesi tersebut. Kompetisi semakin ketat, menandakan persiapan serius para pembalap menjelang balapan.

Sesi latihan 1 MotoGP Mandalika 2024

Photo :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

Di sesi latihan bebas pertama (FP1), Franco Morbidelli mencatatkan waktu tercepat, diikuti oleh Maverick Vinales di posisi kedua dan Jorge Martin di posisi ketiga.

Namun, sesi ini juga diwarnai insiden besar ketika Miguel Oliveira dari tim Trackhouse Racing mengalami kecelakaan di Tikungan 4.

Kecelakaan tersebut membuat Oliveira dinyatakan tidak dapat melanjutkan balapan akhir pekan ini dan harus segera dilarikan ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis lebih lanjut.

Rangkaian MotoGP Indonesia akan berlanjut pada Sabtu pagi dengan sesi latihan bebas kedua. Sesi kualifikasi dan Sprint race akan berlangsung pada hari yang sama. Sementara itu, balapan utama MotoGP Indonesia dijadwalkan pada Minggu pukul 14.00 WIB.