Onderdil Merek Motor Ini Langka di Bursa Suku Cadang Copotan

Bursa suku cadang bekas di Sasak Panjang
Sumber :
  • Arianti Widya

Bogor, VIVA – Suku cadang pada motor merupakan komponen penting yang terdiri dari beberapa bagian.

Semua komponen bersifat penting dan saling berhubungan, sehingga spare part akan segera diganti ketika sudah dimakan usia pemakaian atau mengalami kerusakan.

Saat mengganti spare part, tak sedikit masyarakat yang lebih memilih untuk membelinya di bursa komponen copotan.

Hal ini lantaran harga yang dibanderol sangat lebih terjangkau dibandingkan membeli di bengkel resmi ataupun toko spare part umum.

Umumnya, di bursa komponen copotan ini menyediakan suku cadang dari berbagai model kendaraan.

Bursa suku cadang bekas di Sasak Panjang

Photo :
  • Arianti Widya

Namun ternyata, ada suku cadang dari beberapa model kendaraan yang tidak tersedia dalam bursa komponen copotan, seperti Yamaha Nmax, Honda PCX, hingga Vespa.

Jahlul selaku pedagang suku cadang motor copotan di Sasak Panjang, Bogor, menyampaikan hal tersebut lantaran onderdil dari motor-motor tersebut memang langka ditemukan dan penggunanya sudah memiliki komunitasnya sendiri.

"Kalau Yamaha Nmax, Honda PCX gitu sih belum ada. Jarang banget. Itu suku cadangnya susah, mau yang barang ori maupun bekasnya," ujarnya saat ditemui VIVA di Bogor.

Kemudian untuk Vespa, Jahlul mengungkapkan bahwa pengguna dari motor ini umumnya tergabung dalam komunitas, yang bisa menyediakan suku cadang tersendiri.

"Kalau Vespa, itu kan mereka biasanya anak-anak club (komunitas). Pasti punya kenalannya tersendiri dan jarang orang jual komponen copotan Vespa," katanya.

Ia menambahkan, "Vespa sendiri kan juga harganya mahal, suku cadangnya juga dia nggak gampang ditemuin. Jadi jarang lah ada yang jual onderdil motor itu (Vespa),"

Lebih lanjut, Jahlul pun menuturkan bahwa kebanyakan suku cadang yang dijual di komponen copotan ini merupakan motor tipe Honda BeAT, Yamaha Mio, dan lainnya.

"Kalau di spare part copotan ini kebanyakan jual motor-motor kecil, kayak BeAT, Mio, Scoopy, gitu sih," tuutupnya.