Ternyata ada Motor Yamaha Turbo, Jadi Cikal Bakal Motor Barunya di RI

Kisi-kisi motor baru Yamaha yang bakal meluncur pekan depan
Sumber :
  • Yamaha Indonesia

VIVA – PT Yamaha Indonesia Motor (YIMM) akan meluncurkan motor barunya, Rabu 12 Juni 2024. Produk barunya tersebut berhasil memancing rasa penasaran publik, lantaran menggunakan kata-kata Turbo.

Produsen motor berlambang garpu tala itu mengunggah video singkat di Instagram resminya dengan tagline Turbo, ‘Makes Your Heart Skip a Beat,’ artinya membuat jantungmu berhenti berdekat sejenak.

Yamaha XJ650 Turbo

Photo :
  • Yamaha

Terbaru postingannya melanjutkan teaser sebelumnya, namun kali ini mengejewantahkan motor yang punya tenaga besar.

“Tenaga gahar, racikan teranyar,” tulis status dari tayangan tersebut.

Banyak dugaan bahwa produk terbarunya yang masih dirahasiakan tersebut adalah Yamaha NMAX baru dengan mesin yang lebih bertenaga. Tapi apakah tenaga besar itu didaparkan dari teknologi SMG (smart motor generator)?

Sebab teknologi tersebut disematkan sebagai pendukung sistem mild hybrid yang ada di Fazzio, dan Grand Filano. Tujuannya selain memberikan tenaga tambahan dapat menghemat bahan bakar.

Jika sebelumnya generator itu hanya berguna mengangkat starter motor, kini sebagai hybrid power assist untuk memberikan tenaga tambahan saat motor berjalan dari kondisi diam, sehingga menekan pemakaian BBM.

Tenaga tambahan dari sistem itu didapatkan di atas 1.300 rpm, dan akan mati otomatis setelah 3 detik, atau sudah mencapai 5.500 rpm.

Tapi di luar dugaan tersebut, ternyata Yamaha pernah membuat motor turbo. Mungkin tidak semua orang tahu, karena produknya sudah tidak diproduksi lagi.

Melansir website Yamaha Global, Jumat 7 Juni 2024, motor tersebut diberi nama Yamaha XJ650 yang debut di Tokyo Motor Show 1981, dan menjadi kendaraan roda dua pertama di dunia yang pakai turbo.

Tampialnnya agak mirip seperti RZR, namun jantung pacunya bukan dua tak, melainkan empat langkah. Mengandalkan mesin bensin empat silinder segaris DOHC berkapasitas 653cc dengan dua katup.

Enjin yang memiliki empat karburator itu memiliki tenaga besar, berkat bantuan turbocharged lansiran Mitsubishi. Tenaga maksimalnya mencapai 85 PS di 5.000-8.000 rpm, dan torsi 73,6 Nm di 5.000-8.000 rpm.

Kira-kira apakah teknologi tersebut akan kembali disematkan pada motor baru Yamaha di era moderen saat ini? Atau menggunakan sistem lain namun cara kerjanya serupa dengan turbin yang menangkap gas buang.