AHM Ternyata Pangkas Bobot Honda Beat Terbaru, Ini Alasannya

All New Honda Beat 2024
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Indra Nugraha

Jakarta, 4 Juni 2024 –   PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya menghadirkan All New Honda BeAT setelah terakhir mendapat pembaruan pada 2020 lalu. Tak cuma desain dan fitur, ternyata bobot pada Beat baru ini juga dipangkas dari model sebelumnya.

Alhasil, Honda BeAT hadir dengan bobot yang lebih ringan dari model sebelumnya, di mana berkurang 3 kg. Takuro Nakamura selaku BeAT Large Project Leader,mengungkapkan jika bobot mesin juga dipangkas 400 gram.

"Kenapa hanya 400 gram, kami melihat kualitas, strange dan durabilitasnya juga kami pertimbangkan. Jadi setelah dipertimbangkan paling ideal memang 400 gram," ujar Takuro Nakamura, saat peluncuran di Cikarang Jawa Barat, Senin 3 Juni 2024.

Pemangkasan bobot Honda Beat ini sudah sesuai analisa CAE untuk melihat profil paling optimal sehingga tidak banyak perubahan bentuk. Sedangkan pada model Honda BeAT Street terdapat penyesuaian pada bagian suspensi.

All New Honda Beat 2024

Photo :
  • Astra Honda Motor

"Seperti yang dilihat rangka tidak berubah. Terkait dengan suspensi juga tak berubah. Kalau Street karena pakai ring 12 ada penyesuaian suspensi," jelas Nakamura.

Selain mesin berkurang 400 gram, kick arm atau kick starter dengan berat 1 kg juga dihilangkan pada tipe Deluxe Smart Key dan BeAT Street. Honda juga mengganti handle bar bagian belakang yang tadinya menggunakan bahan Rubber Steel dengan Glass Fiber Reinforced Polypropylene, sehingga beratnya berkurang 600 gram.

"Pendekatan yang kami ambil adalah melakukan analisa terkait dengan profil yang paling optimal. Terkait dengan engine, kami mencoba untuk mereview kembali secara keseluruhan dengan menggunakan analisa CAE (Computer Alded Engineering)," imbuh Nakamura.

Honda BeAT Street generasi terbaru

Photo :
  • Arianti Widya

Perihal mesin, Beat baru memakai 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). model ini mampu menghasilkan tenaga 6,6kW @ 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,2 Nm @ 5.500 rpm namun tetap irit konsumsi bahan bakar.

Perihal harga,  All New Honda BeAT tipe CBS dipasarkan dengan harga Rp. 18.430.000 (On The Road Jakarta), Tipe Deluxe Standard dipasarkan seharga Rp. 19.300.000 (On The Road Jakarta), sedangkan Tipe Deluxe Smart Key yang menjadi varian tertinggi di All New Honda BeAT hadir dengan harga Rp. 19.830.000. All New Honda BeAT Street dipasarkan dengan harga Rp. 19.300.000 (On The Road Jakarta.