Yamaha Kembangkan Sistem Transmisi Semi Otomatis di Moge, Tak Lagi Pegal Tarik Kopling
- Dok: YIMM
Jakarta, 29 April 2024 – Yamaha sedang mengembangkan motor dengan kopling otomatis di motor gede mereka. Nantinya, teknologi ini akan menyaingi sistem e-Clutch milik Honda seperti yang ada di CB650R dan CBR650R.
Dikutip VIVA Otomotif dari Cycle World, Senin 29 April 2024, nantinya sistem transmisi semi otomatis itu akan terpasang di model Yamaha MT-07 dan YZF-R7. Jadi pengendara tak pegal lagi tarik kopling.
Sistem kopling otomatis yang ada di Yamaha akan menggunakan tombol buat ganti gigi dan menghilangkan handel kopling. Berbeda dari yang ada di Honda, di mana kopling dan tuas transmisi di kaki masih digunakan.
Sebenarnya teknologi seperti ini sudah pernah dipasang ke Yamaha FJR1300 pada 2006. Sistem yang disematkan ke motor touring besar ini namanya YCC-S atau Yamaha Chip Controlled Shifting.
Tetapi, bedanya untuk teknologi sekarang dipasang ke motor yang lebih kecil, yakni MT-07 dan YZF-R7. Kemungkinan lain, teknologi ini juga bakal tersedia ke motor dengan mesin yang sama di Yamaha, seperti XSR700 dan Tenere 700.
Untuk sistemnya tak jauh beda, dan dilengkapi dengan dua aktuator yang dipasang di atas transmisi. Satu ada di kiri untuk mengoperasikan pergantian gigi dan di kanan buat mengendalikan koplingnya.
Modul tersebut merespon tombol yang ada di setang, naik dan turun gigi. Begitu juga saat motor berhenti, sistem akan membuat motor tidak mati mesin, mengingat sudah tidak ada kopling, makin praktis.
Konsol sistem pengaturan ada pada sisi kiri dan kanan mesin, dipasang saluran udara buat mendinginkan yang ada di sebelah tangki. Pada gambar paten, kelihatan jelas kalau motor yang digunakan adalah MT-07 dan YZF-R7.