Jangan Remehkan Performa Honda Vario 160

Honda Vario 160.
Sumber :
  • Septian Farhan Nurhuda / VIVA.co.id

VIVA – Beberapa waktu lalu PT Astra Honda Motor meluncurkan motor matik baru, yakni Honda Vario 160. Model ini mendapat banyak ubahan dari versi lama yang mengusung mesin 150cc.

Model yang menjadi motor matik pertama Honda di Tanah Air itu kini dibuat menggunakan platform Enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF, yang lebih ringan namun kokoh sehingga pengendalian menjadi semakin mudah.

Jantung pacunya mengandalkan mesin generasi terbaru dengan kapasitas 160cc empat katup eSP+, berpendingin cairan dan mampu menghasilkan tenaga 15 daya kuda serta torsi puncak 13,8 Newton meter.

fitur keselamatan dan keamanan yang disematkan cukup mumpuni, mulai dari Honda Smart Key System yang dilengkapi alarm dan answer back system, hingga Antilock-Braking System atau ABS serta peranti rem posisi belakang sudah dilengkapi rear disc brake.

Wartawan VIVA Otomotif saat Menjajal Honda Vario 160 di Cikarang, Jawa Barat.

Photo :
  • PT Astra Honda Motor (AHM)

Selain Vario, motor matik Honda lainnya yang juga mengusung mesin dengan kapasitas yang sama yakni Honda PCX 160. Namun, model ini memiliki performa lebih besar yakni 15,8 daya kuda dan torsi 14,7 Nm.

Technical Service Division AHM, Reza Rezdie mengatakan bahwa meski di atas kertas performa Vario 160 lebih rendah dari PCX 160, namun hal berbeda akan dirasakan pengendara saat mencoba langsung.

“PCX 160 dirancang sebagai skuter matik premium yang mewah, sementara Vario 160 lebih ke arah sporty,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif, Kamis 14 April 2022.

Reza mengungkapkan alasan, mengapa Vario 160 bisa menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih sporty dari PCX 160. Menurut dia, kuncinya ada di bobot kedua motor tersebut.

“Perbandingan tenaga dan berat Vario lebih unggul dan PCX, karena bobot Vario lebih ringan,” tuturnya.

Sebagai informasi, Vario 160 memiliki bobot 115 kilogram dalam kondisi kosong alias belum diisi bahan bakar. Sementara, PCX 160 beratnya 131 kilogram.