Yuk Kenalan Sama Teknologi Traction Control pada Motor Matik

Yamaha NMAX Warna Baru
Sumber :

VIVA – Sepeda motor kini sudah menjadi kebutuhan pokok untuk menunjang mobilitas, karena untuk menunjang kebutuhan sehingga pabrikan juga membekali produknya dengan teknologi terkini seperti traction control yang terdapat pada motor matik Yamaha NMAX tipe tertinggi.

Yamaha menyebutnya Traction Control System (TCS) yang merupakan fitur keselamatan berkendara, yang mampu menjaga ban dari kondisi slip sehingga pengendara tidak perlu khawatir ketika melintasi permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.

”Perkembangan teknologi otomotif roda dua turut menghadirkan Traction Control System (TCS) yang kian mendukung aktivitas berkendara. Manfaat fitur keselamatan ini membuat pengguna motor semakin enjoy dalam menjalani kegiatannya karena dapat melewati kondisi jalan yang licin tanpa khawatir ban slip,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Lebih lanjut Muslian menjelaskan bahwa, terdapat dua komponen penting dalam TCS yaitu speed sensor dan ECU. Sehingga cara kerjanya speed sensor akan mengirimkan sinyal terkait putaran roda ke ECU, jika terdeteksi perbedaan putaran yang berlebih pada roda belakang akibat ban slip, maka ECU akan memundurkan waktu pengapian serta menghentikan supply bahan bakar.

Sehingga hasilnya tenaga mesin dan putaran ban belakang berkurang, proses tersebut berfungsi untuk menghindari kemungkinan terjatuh akibat slip.

Nah agar teknologi tersebut tetap berfungsi dengan baik, maka area kaki-kaki motor harus dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel. Serta berkendara secara hati-hati dan hindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor.

Pemilik motor harus paham, jika lampu indikator TCS di meter cluster terus menyala, maka ada kemungkinan perangkat TCS pada motor mengalami malfungsi atau kerusakan. Selain itu sistem TCS juga bisa dicek dengan cara manual yakni aktifkan fitur TCS, kemudian posisikan motor dengan standard tengah, lalu mainkan putaran gas.

Jika TCS mengalami kerusakan, maka mesin tidak akan brebet atau tersendat saat gas dimainkan. Pasalnya jika TCS berfungsi, maka mesin akan brebet atau tersendat, karena ECU mengurangi tenaga mesin sehingga putaran roda belakang berkurang.

Jika fitur TCS pada motor mengalami malfungsi dengan beberapa indikasi tersebut, sebaiknya segera dilakukan pengecekan di bengkel resmi terdekat.