Diluncurkan 2022, Motor Canggih Yamaha Sudah Mulai Diproduksi

Yamaha E01.
Sumber :
  • Yamaha Global.

VIVA – Setelah dikenalkan sebagai motor konsep di pameran Tokyo Motor Show atau TMS 2019, pabrikan roda dua asal Jepang, Yamaha dilaporkan mulai memproduksi massal skuter listrik canggihnya, yakni Yamaha E01. Kendaraan tersebut kabarnya dibuat bersamaan dengan adiknya yang bernama E02.

Meski sudah mulai diproduksi, namun Yamaha E01 baru akan diluncurkan awal atau pertengahan tahun depan. Selain itu, besar kemungkinan, skuter baru tersebut akan melakoni debutnya di Eropa. Sebab, Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa atau EUIPO telah mendaftarkan Yamaha EO1 di kategori motor listrik.

Yamaha E01

Photo :
  • Motopinas

Disitat VIVA Otomotif dari Greatbiker, Rabu 29 Desember 2021, kendari lebih dulu diluncurkan di Eropa, akan tetapi kendaraan tersebut berpeluang dipasarkan di Asia, termasuk Indonesia. Hanya saja, hingga saat ini, belum ada bocoran mengenai berapa harga jualnya.

Bocoran Fitur dan Spek Yamaha E01

Secata tampilan, Yamaha E01 terlihat bongsor dengan buritan futuristis khas tunggangan masa depan. Kehadiran skuter baru Yamaha tersebut sedianya bakal menjegal Honda PCX Electric yang sudah muncul lebih awal.

Menurut sumber lain, Yamaha E01 kabarnya telah dilengkapi ragam fitur kekinian, seperti panel instrumen yang terhubung langsung dengan ponsel melalui perangkat Bluetooth, sistem keamanan tanpa kunci alias keyless, serta teknologi pengereman anti-lock braking system (ABS) berkanal ganda.

Yamaha E01.

Photo :
  • Yamaha Global.

Sementara jantung mekanisnya sendiri masih belum diketahui. Namun demikian, skuter itu dikabarkan mengadopsi mesin listrik yang setara dengan mesin bensin berkapasitas 125cc. Sedang tenaganya sendiri diprediksi tak mencapai 15 daya kuda.

Menariknya, motor itu disebut-sebut menggunakan baterai yang bisa dibongkar-pasang. Sehingga, pengguna yang hendak bepergian jauh, bisa membawa baterai cadangan sebagai persediaan.

Terlepas itu semua, yang jelas skuter matik tersebut menandakan keseriusan Yamaha menyambut era motor tanpa emisi setelah sempat merilis e-Vino beberapa tahun silam.