Yamaha India Terang-terangan Mau Saingi Indonesia

Logo Yamaha.
Sumber :
  • Yamaha

VIVA – Populasi yang besar membuat India masih menjadi magnet bagi pasar otomotif dunia. Hal tersebut membuat Yamaha India optimistis, bahwa dalam lima tahun ke depan, penjualan hasil produksi mereka di negeri berpenduduk 1,4 miliar tersebut akan mengalahkan Indonesia.

Seperti dikutip Indianautosblog, Selasa 19 Maret 2019, Pimpinan Yamaha Motor India, Motofumi Shitara, menyatakan bahwa pasar sepeda motor di Indonesia sudah mencapai titik jenuh. Hal inilah yang kemudian dikatakannya berpeluang bagi India untuk menjadi basis produksi terbesar.

“India saat ini menjadi prioritas nomor satu. Karena di Indonesia dan Vietnam, pasarnya mulai lesu. Berbeda sekali dengan India. Selain penduduknya besar, jumlah pelanggan muda juga meningkat. Target kami, volume produksi di India selama lima tahun ke depan mencapai 2,5 juta unit,” tuturnya.

Perusahaan berlogo garpu tala tersebut belakangan coba menggoda pasar di India, dengan meluncurkan MT-15 yang hanya berbanderol 136 ribu rupee, atau setara Rp28 juta. Peluncuran produk baru ini bertujuan untuk bersaing dengan kategori naked roadster yang telah ada sebelumnya, YZF-R15 V3.0. Motor tersebut memiliki harga sedikit lebih mahal, yakni Rp29,5 juta.

Perlu diketahui, dalam satu tahun India berhasil menjual lebih dari 20 juta unit sepeda motor, dan jumlahnya terus mengalami pertumbuhan. “Pangsa pasar Yamaha adalah satu digit. Kami berusaha ingin meningkatkannya, ada banyak peluang.”

Tahun lalu, Shitara menyatakan, bahwa fokus Yamaha di pasar India akan beralih ke segmen premium. Sejauh ini, ungkapnya, Yamaha masih terus mendalami riset pasar. Sebab, dengan populasi mencapai 1,4 miliar, India selalu menarik bagi banyak rumah produksi. (kwo)