Motor Bebek Kurang Peminat, Yamaha Tetap 'Pede' Jualan MX-King Baru
- VIVA/Pius Yosep Mali
VIVA – Saat ini, penjualan sepeda motor bebek tidak lagi sebanyak kendaraan bermotor roda dua jenis lainnya. Meski demikian, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebagai agen resmi merek mengambil langkah berani dengan meluncurkan New MX-King 150.
Tak tanggung-tanggung, acara peluncuran motor generasi baru MX-King 160 dihelat dengan menggandeng pembalap MotoGP, Maverick Vinales. Bahkan, Vinales juga sempat mengungkapkan rasa penasarannya untuk sepeda motor bebek underbone tersebut.
President Director YIMM, Minoru Morimoto mengatakan, sepeda motor bebek merupakan produk penting bagi pabrikan berlogo 'Garpu Tala' itu dan masih banyak dicari konsumen di Indonesia.
"Produk ini penting, karena di Kalimantan, Sulawesi, tetap penjualan moped (motor bebek) dan bebek underbrone masih kuat permintaannya. Untuk kami, permintaan pelanggan itu penting, maka kami siapkan yang baru," kata Morimoto di Jakarta, Selasa 5 Februari 2019.
Jika melihat data penjualan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepanjang 2018, sepeda motor yang dijual di Indonesia mencapai 6.383.111 unit. Dari angka tersebut, motor bebek memiliki pangsa pasar 7,9 persen, jauh lebih rendah dibandingkan skuter matik yang mendominasi pasar sebesar 84,6 persen.
Meski pasar motor bebek saat ini kecil, Executive Vice President & COO YIMM, Dyonisius Beti mengatakan, sepeda motor jenis ini memiliki konsumen loyalis.
"Kami sudah lengkapi semua model, matik pun punya various cukup banyak. Tapi kami juga lihat, pembeli moped ini setiap tahun enggak bilang, jadi perlu pembaharuan," kata Dyon. (asp)