Ketahui Penyebab Kampas Kopling CRF150L Mudah Hangus
- VIVA/Rendra
VIVA – Honda CRF150L terlahir sebagai motor trail yang menggendong mesin injeksi berkapasitas 150 cc. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga 12 daya kuda dan torsi 12,43 newton meter. Dapur pacu itu kemudian dikawinkan dengan transmisi manual lima-percepatan.
Namun ternyata ada komponen yang rentan rusak, yakni pada sistem koplingnya. Tetapi ini hanya berlaku jika penggunaannya salah, terlebih biker yang menungganginya baru pertama kali terjun ke trek off-road. Di mana sering menggantungkan posisi kopling.
“Tidak sedikit konsumen masih menahan kopling setengah saat off-road di trek tanah dan tanjakan, padahal kopling ditahan setengah itu tidak boleh. Makanya kampas kopling kebakar, karena bergesekan dengan pelat,” ujar Agung Sugihono, Training Fasilitator PT Daya Adicipta Motora (DAM), saat test ride CRF150L di Bandung, Jawa Barat.
Meski demikian, dari 784 unit CRF150L yang sudah digunakan konsumen di Jawa Barat, sampai saat ini belum ada laporan kerusakan terkait kondisi tersebut. Dia menganjurkan, untuk menyiasati agar kampas kopling tak terbakar, kopling tidak digantung dan lepas saja ketika melintasi tanjakan atau jalan licin.
“Yang cepat habis itu hanya kampasnya saja, komponen seperti matahari kopling dan lain-lain tidak ada. Klaim itu bisa dilakukan, kalau cacat prouduksi, perakitan, dari produk itu sendiri. Tapi kalau seperti bencana alam, karena pemakaian, atau modifikasi tidak bisa diklaim,” tuturnya.