Rumbler 500 Kena 'Racun' Brat Style, Serasa Motor Jepang
- VIVA.co.id/Jeffry Yanto
VIVA.co.id – PT Distributor Motor Indonesia (DMI) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Royal Enfield ingin 'meracuni' para konsumennya di Tanah Air dengan menggandeng tiga builder untuk custom lineup-nya. Maksud meracuni konsumennya adalah DMI ingin membuktikan bahwa model motor yang dijualnya bagus untuk dimodifikasi ataupun sebagai basis custom.
Salah satu builder yang ditunjuk adalah Ariawan dari Baru Motor Sport (BMS). Pria yang senang fitnes ini menyulap Royal Enfield Rumbler 500. Motor yang sebelumnya kental bernuansa touring itu, kini menjadi bergaya brat style.
"Ini proyekan APM yang menunjuk tiga bengkel custom untuk show off dia di Kustomfest. Selain saya, ada Smoke Garage dari Bali dan Trhrive Jakarta," ujarnya kepada VIVA.co.id.
Ia mengatakan, Royal Enfield menginginkan motor yang digarap tiga builder itu memiliki konsep yang berbeda-beda. "Saya melihat basis Rumbler ini cocok dijadikan modern brat style," tuturnya.
Penggagas Custom Concept Industries ini pun mengubah setang standar yang tinggi menjadi lebih pendek. Setang menggunakan part custom dan sub frame juga custom, agar kedudukan jok jadi satu tidak terpisah.
Untuk menegaskan kesan garang motor khas India menjadi bergaya custom Jepang, ia pun mengaplikasikan warna hitam pada kaki-kaki. Sementara di tangki dan bodi dilumuri kelir merah candy. Kata dia, pelek standar hanya mengaplikasi powder coating warna hitam.
"Shockbreaker Ohlins dengan spring hitam, bukan hanya sekadar melaraskan warna saja, tapi agar lebih tinggi," tuturnya.
Sebagai informasi, aliran brat style dipopulerkan berkat kreatifitas builder asal Jepang, Go Takamine.
Data modifikasi:
Sokbreaker belakang = Ohlins
Pelek depan/belakang = Powder coating
Ban depan = Coker 400/19
Ban belakang = Coker 450/18
Knalpot = Custom
Jok = Custom kulit
Spion = CNC
Handgrip = Kulit
Jari-Jari = Aftermarket
Setang = Custom
Lampu depan = Daymaker
Lampu sein = CnC
Cover lampu depan = CNC
Lampu belakang = Custom
Sabuk tangki = Kulit
Rantai = TK O.ring
Spakbor depan = Custom
Spakbor blakang = Custom
Sub frame = Custom