Diam-diam Isuzu Mulai Terjun di Segmen Bus 'Raksasa'
- smlisuzu
VIVA.co.id – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) secara diam-diam telah melakukan soft launching untuk segmen big bus atau bus super besar di Indonesia. Resmi hadir mulai awal tahun ini, perusahaan asal Jepang tersebut resmi menghadirkan big bus dengan tipe LT.
Meski demikian, Isuzu mengaku bila pihaknya saat ini masih memilih konsumennya dengan selektif. Hal itu dilakukan Isuzu karena masih harus memperbaiki sisi after sales dan ketersediaan suku cadang untuk segmen baru yang akan disasarnya ini.
Lalu, kapan Isuzu siap menjual busnya secara 'bebas'?
"Karena monitor unitnya itu butuh cukup waktu, kalau hanya 1-2 bulan enggak bisa. Jadi kami mau lihat mereka pakai 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan. Mungkin 6 bulan sampai 1 tahun kami melihat itu, jadi memang sangat hati-hati," kata Sales, Marketing and After Sales Director, PT IAMI, Takuji Kani.
Masih menurut Takuji, Isuzu saat ini memang baru bisa dibilang soft launching sebelum benar-benar dijual bebas. Menjadi produk pertama di segmen big bus, Isuzu saat ini mengaku baru menjual 20 unit LT kepada 5-10 konsumen. Meski demikian, Takuji mengakui bila perakitannya dilakukan di Indonesia.
"Kami mau bertahap untuk mencapai market share, mulai 5 persen lalu 10 persen, bertahap. Karena ini segmennya baru buat Isuzu, jadi kami tidak mau pasang target market share, tapi pelan-pelan mendengar suara dari konsumen," kata Takuji. (art)