Sigra Penyokong Utama Penjualan Daihatsu
- Herdi Muhardi/VIVA.co.id
VIVA.co.id – Kehadiran mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car milik PT Astra Daihatsu Motor, yakni Sigra, ternyata tak mengganggu penjualan Ayla dan Xenia di Tanah Air.
Kepala Divisi Pemasaran dan Hubungan Masyarakat ADM-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso mengungkapkan, berdasarkan catatannya, Ayla dan Xenia justru mengalami peningkatan penjualan.
"Dengan adanya Sigra, Xenia masih naik, bahkan lebih tinggi. Dan Ayla, dari 36 ribu ke 40 ribu unit totalnya," kata Hendrayadi di Gorontalo, Sulawesi Utara.
Dia menambahkan, sejak peluncurannya pada 2 Agustus 2016 lalu, Sigra menduduki posisi sebagai kontributor utama Daihatsu, dengan rata-rata penjualan mencapai sekitar lima ribu unit per bulan.
Berdasarkan catatan penjualan tahunan, Sigra nyatanya tak 'melahap' pasar penjualan Xenia dan Ayla. Menurutnya, penjualan wholesales Xenia pada 2016 mencapai 44.720 unit, naik dari 36.262 unit di tahun sebelumnya.
Di tempat yang sama, Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra, tak mengungkapkan secara pasti, alasan penjualan Ayla dan Xenia tetap tinggi, meski ada produk terbaru di segmen mobil murah.
"Yang membedakan Daihatsu dengan merek lain di Indonesia, kami punya tim yang solid. Itu rahasianya. Kenapa kami bisa menaikkan volume, karena kami punya tim yang luar biasa," kata Amelia singkat.