Hadapi Persaingan di 2016, Ini 'Senjata' Toyota

Booth Toyota di Jakarta Auto Show 2015.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id - 2015 merupakan tahun yang berat bagi pelaku industri otomotif. Hal itu terlihat dari penjualan otomotif yang mengalami penurunan. Itu sebabnya, di penghujung tahun, para agen pemegang merek (APM) mempersiapkan berbagai strategi, guna meningkatkan penjualan tahun depan.

Salah satunya PT Toyota Astra Motor (TAM), agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia. Vice President TAM, Hendry Tanoto, mengaku bila pihaknya telah memiliki strategi khusus untuk menghadapi 2016.

“Toyota berharap dapat memenuhi kebutuhan konsumen di bidang transportasi, baik secara kemudahan untuk memiliki kendaraan, maupun kenyamanan pada saat memiliki kendaraan Toyota,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Kamis, 31 Desember 2015.

Selain menghadirkan beragam produk baru di tahun depan, pelayanan purna jual merupakan salah satu strategi khusus yang akan ditingkatkan.

"Untuk 2016, saat ini kami sedang menyiapkan meluncurkan All New Toyota Fortuner di awal tahun, dan diharapkan, ini dapat menjadi awal untuk produk-produk selanjutnya. Selain meluncurkan berbagai produk berteknologi tinggi, Toyota juga fokus pada layanan after sales dan juga pengembangan jaringan," ujarnya menjelaskan.

Meski industri mengalami dampak perlambatan ekonomi di awal 2015, Hendry tetap optimistis dengan pertumbuhan yang akan terjadi di tahun depan.

"Terlepas dari dampak perlambatan ekonomi di 2015, jika dilihat di semester kedua, terlihat adanya pertumbuhan yang lebih positif dan stabil. Hal ini kami harapkan akan terus berkembang di 2016."

(mus)