Penjualan Turun Menjelang Akhir Tahun, Ini Mobil Daihatsu yang Paling Dicari
- Astra Daihatsu Motor
VIVA – Penjualan mobil baru di Indonesia belakangan ini terus mengalami penurunan, terutama sepanjang 2024, seperti yang terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo.
Sepanjang Januari sampai November 2024, penjualan mobil baru dari diler ke konsumen hanya 806.721 unit, artinya menurun 11 persen dibandingkan 2023 yang masih menorehkan penjualan 908.462 unit.
Daihatsu masih menjadi brand terlaris nomor dua setelah Toyota yang berhasil menjual produknya ke konsumen dalam periode 11 bulan tahun ini mencapai 155.062 unit, atau meraih pangsa pasar 19,2 persen.
Namun dibandingkan dengan pencapaiannya tahun lalu, dalam periode yang sama Daihatsu masih bisa menjual mobil barunya ke konsumen sebanyak 179.203 unit, artinya terjadi penyusutan 24.141 unit.
Sementara jika berkaca dari penjualan per bulan, pada November tahun ini mobil Daihatsu hanya terjual sebanyak 12.113 unit, menurun sekitar 7 persen dari Oktober 13.101 unit.
Di tengah merosotnya penjualan tahun ini, ada beberapa mobil Daihatsu yang masih dicari orang RI, atau menjadi primadona selama 11 bulan. Pertama Sigra yang berhasil terjual lebih dari 50 ribu unit, atau berkontribysi 33 persen dari total penjualan.
Sigra merupakan mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang memiliki konfigurasi 7-penumpang. Saudara kandung Toyotas Calya itu menggendong mesin tiga silinder berkapasitas 1.000cc, dan empat silinder 1.200cc, berpenggerak roda depan yang ditawarkan dengan transmisi manual, dan matik.
Kemudian mobil penumpang lain yang menyumbang penjualan terbesar Daihatsu di tahun ini adalah Terios. Low SUV (Sport Utility Vehicle) dengan kapasitas 7-penumpang itu dijual lebih murah dari Toyota Rush.
Terios berhasil terjual 18 ribu unit, atau menyumbang 12 persen dari total penjualan. Sedangkan urutan kedua model terlaris Daihatsu berada di kelas komersial, yaitu Gran Max pikap yang terjual lebih dari 38 ribu unit atau berkontribusi 25 persen.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan kepada Daihatsu,” ujar Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk, Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono, dikutip dari keterangannya, Jumat 13 Desember 2024.
Salah satu upayanya mendongkrak penjualan di tahun ini adalah menwarkan sejumlah promo menarik untuk mempermudah konsumen memiliki unit, salah satunya menggadeng leasing dengan menawarkan paket kredit yang fleksibel.
Kemudian melalui DAIFEST 2024 yang berlangsung sampai akhir tahun ini, pembeli berkesempatan menangkan hadiah menarik, mulai dari paket liburan dengan destinasi domestik, luar negeri, dan hadiah utama Rocky.
“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan penjualan dan purnajual terbaik, salah satunya lewat program DAIFEST 2024 dengan penawaran spesial untuk membantu pelanggan merealisasikan pembelian mobil di momen akhir tahun ini,” tuturnya.