Mobil Ini Pimpin Pasar LCGC di Indonesia
- VIVA/Yunisa Herawati
Jakarta, VIVA – Menjelang akhir tahun 2024, Daihatsu mencatat penjualan ritel sebesar 155.062 unit selama periode Januari hingga November. Angka ini menyumbang 19,2% dari total pasar otomotif nasional yang mencapai sekitar 806 ribu unit dalam 11 bulan pertama tahun ini.
Di segmen mobil LCGC, Daihatsu Sigra tetap menjadi pemimpin dengan kontribusi 33% dari total penjualan Daihatsu, atau lebih dari 50 ribu unit.
Model lain yang juga memberikan kontribusi signifikan adalah Gran Max Pick Up dengan porsi 25% atau lebih dari 38 ribu unit, serta Terios yang menyumbang 12% dengan penjualan lebih dari 18 ribu unit.
Secara lebih spesifik, Sigra mendominasi pasar LCGC MPV dengan pangsa 59%. Di segmen kendaraan niaga ringan, Gran Max Pick Up menjadi pilihan utama dengan pangsa 57%, sementara Gran Max Mini Bus menguasai 90% pasar di segmen Semi Commercial dengan penjualan sebanyak 13.332 unit.
Menurut Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono, keberhasilan ini didukung oleh kemudahan pembelian melalui skema kredit yang fleksibel, layanan purnajual yang memadai, serta program tukar tambah kendaraan.
"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan kepada Daihatsu. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, termasuk melalui program DAIFEST 2024 yang berlangsung hingga 31 Desember 2024," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi, Kamis 12 Desember 2024.
Dalam program DAIFEST 2024, pelanggan berkesempatan mendapatkan berbagai penawaran menarik, seperti paket liburan ke destinasi domestik maupun internasional, grand prize berupa 1 unit Daihatsu Rocky, serta hadiah lainnya.
Penjualan yang dicapai Daihatsu hingga November mencerminkan tingginya minat masyarakat terhadap model kendaraan yang ditawarkan, terutama di segmen LCGC dan niaga ringan.