Prabowo Minta PT Pindad Produksi Mobil Maung untuk Kendaraan Para Menteri

Maung MV3 Garuda Limousine
Sumber :
  • PT Pindad

VIVA – Presiden Prabowo Subianto mengeluarkan instruksi kepada PT Pindad (Persero) untuk memproduksi mobil taktis Maung sebagai kendaraan operasional bagi para menteri di kabinet Merah Putih.

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose, menyatakan bahwa perusahaannya siap memenuhi permintaan tersebut, didukung oleh infrastruktur dan fasilitas yang akan disediakan.

"Kami harus sanggup karena fasilitas dan infrastruktur dukungan pasti akan disiapkan. Secara prinsip, Pindad sudah memulai produksi dan hasilnya telah digunakan," ujar Mose pada Senin, 28 Oktober 2024, dilansir dari Antara.

Meski demikian, Mose belum memberikan rincian jumlah unit yang akan disiapkan untuk mendukung operasional kabinet di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran.

Maung MV3 Garuda Limousine

Photo :
  • Instagram PT Pindad

Di kesempatan lain pada hari yang sama, Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu menyampaikan bahwa Prabowo berencana memfasilitasi menteri dan pejabat eselon 1 dengan mobil Maung buatan PT Pindad.

Hal ini diungkapkan Anggito dalam acara Dies Natalis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) di Sleman, Yogyakarta. Menurutnya, Prabowo ingin mengurangi ketergantungan pada mobil impor sebagai kendaraan dinas.

"Pak Prabowo sudah bilang, minggu depan tidak ada lagi barang impor untuk mobil eselon 1 sama menteri, luar biasa," kata Anggito. 

Anggito pun menambahkan bahwa dirinya akan mulai menggunakan mobil Maung pada minggu depan.

Anggito juga menjelaskan bahwa Maung didesain oleh Profesor Sigit Puji Santosa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 70 persen komponennya menggunakan produk dalam negeri.

"Maung adalah hasil rancangan Profesor Sigit dari ITB, dan 70 persen dari komponennya adalah produk lokal," ujarnya.

Maung MV3 Garuda Limousine

Photo :
  • Instagram PT Pindad

Maung sendiri adalah kendaraan taktis ringan berpenggerak 4x4 yang dirancang untuk medan sulit dan operasi pertempuran jarak dekat.

Kendaraan ini mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 120 km/jam dengan transmisi manual 6-percepatan, dan memiliki jangkauan hingga 800 km.

Maung juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan militer seperti braket senjata, konsol senjata, GPS navigasi, dan tracker kendaraan.

Prabowo sendiri sudah menggunakan mobil Maung yang dimodifikasi bergaya Eropa, dengan velg chrome dan logo "GARUDA" di bagian belakang.

Kendaraan ini dipakainya saat pelantikan pada 20 Oktober 2024, serta dalam perjalanan meninggalkan kawasan Akademi Militer Magelang setelah memimpin Retreat Kabinet Merah Putih pada 27 Oktober 2024.