Lebih Canggih dari Toyota Alphard, MPV Listrik Ini Siap Produksi di RI

Maxus Mifa 9 diperkenalkan di GIIAS 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA – Maxus Mifa 9 pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS, yang berlangsung Agustus 2023. Mobil MPV listrik itu dibawa oleh Indomobil Group.

Tapi saat pameran Indonesia International Motor Show, atau IIMS, pada Februari 2024, mobil MPV pelahap seterum itu kembali dipamerkan oleh perusahaan berbeda, yaitu Morris Garage, atau MG Motors Indonesia dengan nama MG Maxus 9.

Hal yang wajar jika mobil keluarga ramah lingkungan itu juga akan dijual oleh MG, karena Maxus masih dalam naungan SAIC sama seperti halnya Wuling. Meski begitu, Indomobil Group belum lama ini mengumumkan sudah resmi menjadi distributornya di RI.

Bahkan sebelum dipasarkan secara resmi, MPV listrik seharga Rp1 miliaran itu akan dirakit lokal sehingga harga jualnya bisa lebih kompetitif. Seperti disampaikan Chief Operating Officer PT Indomobil Energi Baru, Yudhy Tan dalam keterangan resminya, dikutip Senin 28 Oktober 2024.

"Kami bangga dapat memproduksi Maxus Mifa 9 di dalam negeri sebagai bagian dari komitmen kami terhadap pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Dengan harga yang lebih kompetitif dan kualitas premium, kami percaya Maxus Mifa 9 akan jadi pilihan utama bagi konsumen yang mencari kendaraan ramah lingkungan dengan tingkat kenyamanan dan performa yang tinggi," ujarnya.

Mobil listrik dengan konfigurasi captain seat di baris kedua itu dipersenjatai baterai lithium-ion 90 kWh, cukup besar. Bahkan berdasarkan pengujian NEDC, bisa menempuh jarak 540 kilometer dalam kondisi baterai penuh. Lalu berapa lama waktu pengisiannya?

Jika menggunakan arus tidak searah, alias AC berdaya 11 kW waktu pengisian baterai dari 30 persen sampai 80 persen mencapai 8,5 jam, namun jika pakai arus searah alias DC hanya 36 menit tapi dengan tegangan lebih tinggi.

Sedangkan untuk motor listrik, atau dinamo sebagai sumber penggerak utamanya punya tenaga sebesar 180 kW atau setara 241 dk, dan torsi 350 Nm untuk menggerakkan roda depannya.

Kira-kira jika sudah dirakit lokal, berapa harga Maxus Mifa 9 yang lebih canggih dari Toyota Alphard.