Honda HR-V Hybrid Kepergok Uji Coba di Jalan, Meluncur Tahun Ini?

Mobil baru Honda kepergok di jalan
Sumber :
  • Instagram @dyrksgm_

VIVA – PT Honda Prospect Motor (HPM) sedang mempersiapkan dua produk baru di kelas SUV kompak, yaitu Honda HR-V Hybrid, dan e:N1 atau HR-V listrik yang pernah dipamerkan pada Juli 2024.

Honda e:N1 akan menjadi mobil listrik pertama mereka di pasar Indonesia yang akan dijual tahun depan. Hal itu pernah disampaikan Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, Yusak Billy.

"Kami akan meluncurkan tahun depan yang pasti, cuma sistem penjualannya seperti apa sedang kami pelajari,” ujar Billy.

Adapun mobil itu pernah uji coba setelah dipamerkan tanpa selubung kamuflase. Sehingga saat ada mobil dengan bentuk serupa kepergok di jalan, dengan tertutup rapat stiker kamuflase diduga bukan e:N1 melainkan HR-V e:HEV (Hybrid Electric Vehicle).

Melalui postingan Instagram @dyrksgm_, foto mobil baru Honda itu kepergok kamera di salah satu jalan perkotaan dengan pelat nomor B 1711 PDK. Melihat siluet, atau garis bodinya mulai dari belakang sampai depan ciri khas HR-V sangat kental.

Selain itu, sinyal kuat bahwa mobil tersebut adalah calon pesaing Yaris Cross Hybrid, Honda diam-diam sudah mendaftarkan produk baru yang diduga HR-V Hybrid dalam dua kode di Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kode tersebut adalah RV58 CVT ZZ dengan nilai dasar Rp328 juta, dan RV58 RS CVT ZZ seharga Rp372 juta. Jauh lebih mahal dibandingkan HR-V varian standar, namun lebih murah dari tipe turbo yang saat ini NJKB-nya di angka Rp395 juta.

HR-V e:HEV baru dipasarkan di beberapa negara diantaranya Jepang, Thailand, dan Singapore. Powertrainnya menggabungkan motor listrik untuk menggerakkan roda depan, dengan mesin pembakaran.

Saat penggunanya menggunakan mode Electric Drive, karena kondisi baterai mumpuni maka secara utuh motor listrik, atau dinamo bekerja menggerakkan kedua roda depan, tanpa ada campur tangan mesin bensinnya.

Enjin berkapasitas 1.500cc itu akan hidup ketika baterai lemah, sehingga tidak ada daya listrik yang bisa disalurkan ke dinamo. Saat kondisi seperti itu, otomatis mesin pembakaran hidup untuk bantu menjalankan mobil.

Baterai akan terisi otomatis ketika pengemudi melakukan deselerasi, atau berada di kecepataan tertentu. Mesinnya sendiri bertenaga 105 PS dan tosi 127 Nm, sedangkan penggerak listriknya 131 PS, dan torsi 253 Nm.

Sebelumnya Billy juga sempat menyebut bahwa Honda sedang mempersiapkan mobil hybrid buatan lokal dengan investasi baru. Model tersebut tentunya salah satu tulang penjualannya di Tanah Air, meski tidak disebutkan namanya, namun seperti diketahui HR-V adalah model terlaris mereka setelah Brio.

"Ekspansi itu perlu investasi besar karena dengan volume yang besar. Tentunya dengan kuantiti yang volume maker modelnya. Belum bisa bicara, bisa ditebak sendiri lah ya. Saya bilang kalau ekspansi itu pasti harus volume maker, kalau ekspansi ya. Soalnya kan mempertimbangkan depresiasi, kalau tidak volume maker harganya nanti tidak bersaing. Tidak mencapai skala ekonomi," tuturnya.