Komparasi Harga dan Kemampuan All New Santa Fe Hybrid vs Honda CR-V e:HEV

Peluncuran Hyundai Santa Fe generasi terbaru
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA – All New Hyundai Santa Fe Hybrid hadir di Indonesia sebagai pesaing Honda CR-V e;HEV (Hybrid Electric Vehicle). Mengingat belakangan ini CR-V Hybrid bermain sendiri dikelasnya tanpa ada lawan yang sepadan.

Hadirnya Hyundai Santa Fe Hybrid generasi terbaru menambah peta persaingan SUV kelas D, sehingga konsumen punya pilihan lain. Lantas gimana dengan harga kedua mobil ramah lingkungan tersebut?

All New Santa Fe Hybrid hadir dalam dua tipe, yaitu Prime seharga Rp786,300 juta, dan Calligraphy Rp896,600 juta. Sedangkan CR-V e:HEV hanya tersedia satu tipe, saat ini harganya Rp814,400 juta on the road Jakarta.

HPM luncurkan All New Honda CR-V

Photo :
  • Arianti Widya

Soal jantung pacunya, Santa Fe Hybrid mengadopsi mesin bensin Samrtstream empat silinder berkapasitas 1.600cc turbo yang dikawinkan dengan motor listrik, dan baterai sebagai pembantu penggerak roda.

Motor listrik yang berasarang di dalam Sante Fe Hybrid bertenaga 44,2 kW, atau setara 60 dk, dan torsinya 264 Nm. Sedangkan mesin pembakarannya punya tenaga maksimal 178 dk, dan torsi puncak 195 Nm.

Tenaganya itu disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan ke roda depan, artinya sistem hybrid pada SUV tersebut paralel, secara otomatis akan bergantian menggerakkan roda, atau seutuhnya pakai listrik dalam kondisi tertentu.

Untuk memberikan sensasi berkendara yang berbeda, mobil rakitan lokal itu disematkan 3 drive mode, yaitu Eco, Normal, dan Sport.

Sedangkan CR-V e;HEV mengandalkan mesin bensin 2.000cc empat silinder DOHC yang diklaim berbeda dari generasi sebelumnya, dipadukan dengan dua motor listrik untuk menggerakkan roda, dan baterai 1,06 kWh.

Torsi yang dihasilkan saat mobil tersebut bergerak tanpa bantuan mesin bensin, mencapai 335 Nm, dan bisa berjalan secara utuh pakai tenaga listrik saat kondisi stop and go, dalam kecepatan tertentu sesuai beban kerja mesin.

Tenaganya itu disalurkan melalui transmisi E-CVT, atau Electrical Continuosly Variable ke roda depan, dan terdapat 3 drive mode, yaitu Normal, Econ, dan Sport. Selain itu tersedia paddle shift untuk mengatur regeneratif braking saat deselerasi.

Kesimpulannya dari sisi kemampuan jantung pacunya, Honda CR-V Hybrid lebih bertenaga dari All New Santa Fe, dan harga SUV Hyundai itu untuk tipe tertinggi lebih mahal meski sudah dirakit lokal, sedangkan CR-V masih CBU.