Ada yang Aneh dengan MV3 Garuda Limousine yang Dipakai Prabowo, Kok Mirip Mobil Ini?

Maung MV3 Garuda Limousine
Sumber :
  • PT Pindad

Jakarta, VIVA –  Kendaraan yang digunakan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menjadi pusat perhatian usai gelaran pelantikan keduanya, Minggu 20 Oktober 2024. Keduanya menaiki mobil MV3 Garuda Limousine.

Mobil tersebut merupakan buatan PT Pindad, yang mana varian pengembangan terbaru dari platform MV3 yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kendaraan kepresidenan. Mobil gagah itu juga dibangun sesuai arahan Prabowo.

MV3 Garuda Limousine memiliki dimensi panjang 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dan tinggi 1,87 meter, dengan desain long wheelbase yang menawarkan ruang kabin yang luas dan nyaman. Walau desainnya agak kaku dan gagah, tapi tetap dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal sekaligus kenyamanan bagi Presiden dan Wakil Presiden.

Maung MV3 Garuda Limousine

Photo :
  • Instagram PT Pindad

Dapur pacunya dilengkapi dengan mesin bertenaga 200 daya kuda dan transmisi otomatis 8 percepatan, serta mampu mencapai kecepatan maksimum 100 km/jam. Soal keamanan jangan ditanya.

Kendaraan ini dilengkapi composite armor yang tahan terhadap tembakan munisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball dan 5,56 x 45 mm M193. Kaca anti peluru level B5/B6 serta ban Run Flat Tyre (RFT) berukuran 12 inci juga disematkan untuk memastikan kendaraan tetap aman dan dapat terus berfungsi meski mengalami kebocoran ban.

Kabin mobil SsangYong Rexton

Photo :
  • carsguide

Bagian dalam atau kabinnya dibuat senyaman mungkin dengan jok kulit berwarna coklat, serta kursi penumpang dengan gaya captai seat. Namun yang menarik perhatian adalah bagian kabin depan yang memiliki kesamaan dengan mobil SsangYong Rexton Ultimate.

Mobil SUV asal Korea Selatan tersebut memiliki desain kabin yang sama dengan MV3 Garuda Limousine. Mulai dari panel instrument digital 12,3 inci, audio layar sentur hingga model setirnya dengan palang empat.

Model tuas transmisinya pun cukup mirip, begitu juga dengan tombol-tombol di dekatnya. Bisa jadi MV3 Garuda Limousine memakai basis dari SsangYong Rexton?

Mobil SsangYong Rexton

Photo :
  • Rexton

Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa menambahkan, Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas bangsa Indonesia yang kental. 

"Dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang di dalamnya. Seperti halnya kendaraan MV3 Maung, Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto memiliki peran penting dalam mengungkapkan ide-ide inovatif, identitas bangsa, dan masukan terhadap kendaraan MV3 Garuda Limousine," tambah Sigit.

"Tim enjiniring kami beserta seluruh insan Pindad berupaya keras untuk mewujudkannya, alhamdulillah hari ini produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden RI,” lanjutnya.

Maung MV3 Garuda Limousine

Photo :
  • PT Pindad