Toyota dan Subaru Kembali Kolaborasi Bikin Mobil Listrik

VIVA Otomotif: Toyota bZ4X di acara KTT ASEAN 2023
Sumber :
  • Dok: TAM

Jakarta, VIVA – Dua manufaktur asal Jepang, Toyota dan Subaru dilaporkan memulai kerja sama untuk meluncurkan mobil listrik terbaru pada 2026 mendatang sebagai saudara dari bZ4X dan Solterra.

Dilansir VIVA dari laman Carscoops pada Rabu, 9 Oktober 2024, sayangnya detail dari mobil listrik terbaru ini belum terlalu terungkap.

Namun diperkirakan bakal menggabungkan komponen dari bZ4X serta model Toyota lainnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga biaya produksi tetap rendah.

Toyota, Subaru, Mazda bikin mesin hybrid

Photo :
  • Carscoops

Produksi pada mobil listrik terbaru ini akan dilakukan di pabrik Yajima milik Subaru di prefektur Gunma dengan kapasitas produksi diperkirakan antara 15.000 hingga 20.000 unit setiap bulan.

Produk elektrifikasi dari SUbaru dan Toyota ini siap menyasar pasar Amerika Utara, Eropa, dan Jepang. Namun, tidak menutup kemungkinan akan dijual di pasar lain juga.

Awal tahun ini, Toyota dan Subaru mengumumkan rencana untuk mengembangkan tiga model EV tambahan selain bZ4X/Solterra. Sama seperti model baru yang akan meluncur pada 2026, dua model lainnya juga akan berjenis crossover.

Jika produksi EV baru ini benar-benar dimulai pada Januari 2026, maka peluncuran resminya oleh Toyota dan Subaru diperkirakan akan berlangsung pada paruh kedua tahun depan.

Meskipun aktif mengembangkan mobil listrik, Toyota dan Subaru tidak meninggalkan mesin pembakaran internal (ICE).