Daihatsu Siap Jual Mobil Hybrid di RI, Tunggu Arahan Pemerintah

Daihatsu Rocky Hybrid
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sampai saat ini belum menjual mobil ramah lingkungan di Tanah Air, padahal mereka punya Daihatsu Rocky Hybrid yang sudah beberapa kali dipamerkan.

Bukan hanya itu, produsen sekaligus pabrikan Daihatsu juga sudah membuat platform mobil hybrid yang dikembangkan dari All New Xenia-Avanza, dan digunakan pada Toyota Yaris Cross Hybrid.

Meski sudah siap untuk meramaikan segmen mobil dengan dua sumber energi, namun produsen mobil berlogo D itu masih menunggu arahan pemerintah. Terutama terkait insentif mobil hybrid yang belum diputuskan.

"Kami masih menunggu regulasi pemerintah, saya mau lihat dulu pemerintahan yang akan datang seperti apa?," ujar Marketing Direktur PT ADM, Hidemasa Azuma di Makassar, Minggu 6 Oktober 2024.

Sementara soal respon konsumen terhadap Rocky Hybrid yang terakhir kali dipamerkan di ajang GIIAS 2024, pada Juli lalu, menurut Domestik Marketing Division Head PT ADM, Rokky Irvayandi, tetap positif.

"Sebenarnya ada yang menanyakan Rocky Hybrid sejak dipamerkan di Indonesia, tapi masih dalam proses studi. Karena konsumen Daihatsu sebagian besar adalah menengah ke bawah pembeli mobil pertama," tuturnya.

Mobil SUV kompak tersebut memiliki sistem hybrid series, dengan efisiensi bahan bakar berdasarkan pengujian internal di angka 28 kilometer per liter. Artinya setara 3,57 liter per 100 km, dan angka tersebut merupakan hasil pengujian WLTC atau Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle.

Adapun bensin itu terbuang bukan untuk memutarkan roda mobil, melainkan hanya sebagai generator, atau genset untuk mengisi baterai ketika habis, di mana mesin itu akan otomatis hidup saat baterai butuh daya.

Mesin pembakaran tersebut adalah tiga silinder 1.200cc yang berfungsi untuk mengisi baterai Lithium-ion berdaya 4,3 ampere per hour. Artinya sistem kerja teknologi e-Smart buatan Daihatsu serupa dengan sistem hybrid Nissan e-Power.

Secara utuh roda depan digerakkan oleh dinamo, atau motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 105 dk atau 78 kilowatt, dan torsi 170 Nm. Tidak butuh girboks, atau susunan gigi di transmisi seperti kendaraan konvensional  sama seperti Nissan Kicks e-Power.

Agar tidak memakan tempat atau mempersempit ruang bagasi, dan kabin, Daihatsu meletakkan baterai di bawah kursi belakang yang disesuaikan dari versi standar.

Fitur lain di dalam Rocky Hybrud yang serupa dengan mobil ramah lingkungan Nissan adalah Smart Pedal atau S-PDL. Fungsinya hanya dengan satu pedal pengemudi bisa memacu kecepetan sekaligus melakukan pengereman.