Yamaha Kolaborasi dengan Caterham Hadirkan Mobil Sport EV

Mobil Caterham
Sumber :
  • Motor1

Jakarta, VIVA â€“  Yamaha Motor hari ini mengumumkan kemitraannya dalam pengembangan mobil sport listrik baru, yang disebut sebagai 'Project V', yang dipimpin oleh Caterham EVo Limited yang berbasis di Inggris. Kolaborasi ini bertujuan untuk memajukan proyek tersebut menuju produksi massal dan komersialisasi.

Dalam situs resmi Yamaha, Project V merupakan proyek pengembangan mobil sport listrik yang mewarisi DNA Caterham, yang mengutamakan kesenangan berkendara dengan prinsip ringan, sederhana, dan menyenangkan untuk dikendarai. 

Caterham awalnya meluncurkan mobil konsep Project V di Goodwood Festival of Speed ​​di Inggris pada bulan Juli 2023 dan kemudian di Tokyo Auto Salon pada bulan Januari 2024. Saat ini, bekerja sama dengan Tokyo R&D Co., Ltd. 

Mereka tengah mengembangkan dan memproduksi prototipe kendaraan, yang ditargetkan selesai sekitar pertengahan tahun 2025, dengan tujuan untuk diproduksi massal dan dikomersialkan.

Logo Yamaha.

Photo :
  • Yamaha

Yamaha secara independen mengembangkan e-axle, komponen utama dari powertrain listrik, dan akan memasok model uji coba untuk prototipe Project V. Dalam hal kontrol gerakan kendaraan, Yamaha juga akan menyediakan teknologi dan keahlian, yang bertujuan untuk mewujudkan "Caterham Powered by Yamaha Motor." 

Yamaha telah menetapkan sasaran lingkungan di seluruh perusahaan untuk mencapai netralitas karbon dalam emisi Cakupan 3 pada tahun 2050. Perusahaan ini terlibat dalam pengembangan powertrain listrik kecil dan ringan yang canggih, yang merupakan kekuatan Yamaha.

Pada bulan Maret 2024, Yamaha mengumumkan masuknya sebagai pengembang dan pemasok powertrain listrik berkinerja tinggi ke Kejuaraan Dunia Formula E. Untuk menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan, Yamaha Motor akan terus mempromosikan penelitian dan pengembangan teknologi yang berkontribusi pada keberlanjutan.