Dijual Tahun Depan, Mobil Listrik Pertama Suzuki Sibuk Uji Coba di Jalan

Suzuki eVX kepergok uji coba di jalan
Sumber :
  • Gaadiwaadi

VIVA – Suzuki eVX akan mulai dijual tahun depan, namun sebelum resmi dipasarkan mobil listrik pertama Suzuki itu sedang sibuk melakukan uji coba di berbagai kondisi jalan.

“Dipastikan bahwa versi produksi eVX akan memulai debutnya pada bulan Januari 2025 di Bharat Mobility Expo,” tulis keterangan Gaadiwaadi, dikutip, Rabu 2 Oktober 2024.

Melalui foto yang beredar terlihat pengujian dilakukan di India, mengingat negara tersebut yang akan memproduksi, dan pertama yang menjualnya sebelum di ekspor ke negara lain, termasuk Indonesia.

Terlihat sebuah SUV dengan selubung kamuflase hitam kepergok kamera sedang berjalan di salah satu wilayah di negeri Hindustan, sekilas bentuknya mirip Suzuki eVX.

Terutama pada lekukan pilar, bodi samping, dan buritannya. Namun yang terlihat sedikit berbeda adalah desain velgnya, sekilas mirip velg Honda HR-V versi lawas, palang lima yang membentuk seperti kipas.

Selain itu terdapat dua refelktor pada bagasi belakang, sekilas agak miri Grand Vitara, namun bisa saja jika bentuk nyatanya dibuat lebih dinamis dari versi konsep.

Suzuki eVX pertama kali diperkenalkan dalam ajang Auto Expo India, Januari 2023, namun saat itu hanya eksterior saja yang diperlihatkan ke publik. Kemudian bagian interiornya ditampikan ketika dirilis di Jepang.

Setelah itu, Indonesia menjadi negara ketiga yang memperkenalkan Suzuki eVX melalui pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Suzuki EVX

Photo :
  • Jeffry Yanto Sudibyo

Artinya Indonesia negara pertama di Asia Tenggara yang memperkenalkan mobil listrik bergaya SUV (Sport Utility Vehicle) tersebut, dan menjadi satu-satunya produk baru yang dihadirkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Melalui pameran otomotif yang diselenggarakan pada 18-28 Juli itu, konsumen bisa melihat bagian eksterior, dan interior eVX, namun belum bisa melakukan pemesanan. Karena baru diproduksi massal tahun depan.

Desain eVX terlihat sangat futuristis, banyak lekukan tajam. Terutama di depan, bumper yang tegak, segaris dengan grill, dan kap atau bonet depan menonjol. Pada sektor belakang desain lampu pengereman, dan bagasi belakang agak mirip Baleno, dilengkapi spoiler dan high mout stop lamp.

Mobil listrik konsep itu punya dimensi panjang 4.300 mili meter, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.600 mm. Secara ukuran sama dengan SX4 S-Cross yang sudah dijual di Indonesia, atau 125 mm lebih panjang dari Vitara.

Suzuki pernah memberikan gambaran di awal kemunculannya. Mobil pelahap seterum tersebut dibekali baterai berdaya 60 kWh, bisa berjalan sejauh 550 km dari hasil pengujian MIDC (Modified Indian Driving Cycle) India.

Motor listrik, atau dinamonya bukan hanya satu karena eVX mengandalkan penggerak empat roda. Sehingga bisa digunakan untuk beberapa medan jalan, termasuk semi off road, bukan sekadar di perkotaan.