Mobil Listrik Wuling Bingo SUV Meluncur, Bagasi Luas dan Bisa Jalan 510 KM

Wuling Bingo SUV
Sumber :
  • Wuling

VIVA – Wuling BinguoEV merupakan produk kedua Wuling Motors di pasar Indonesia. Awalnya mobil listrik tersebut dalam bentuk purwarupa disebut Binggo, namun dengan sejumlah penyesuaian akhirnya berubah.

Dalam bahasa mandarin nama mobil listrik terbaru itu terinspirasi dari bi artinya bermacam-macam, dan ungo berhasil, atau hasil yang beranekaragam. Sedangkan prasa bahasa Inggris Bingo sebagai ekspresi kegembiraan, atau terkejut pada hal yang positif.

Namun di negara asalnya mobil listrik bergaya hatchback tersebut tetap diberinama Binggo. Nah, model tersebut sukses dipasaran, bahkan di China dalam waktu singkat langsung mengantongi puluhan ribu unit di awal kemunculannya pada tahun lalu.

Wuling Bingo SUV

Photo :
  • Wuling

Berkaca dari kesuksesannya, Wuling membuat Bingo menjadi SUV (Sport Utility Vehicle) dengan dimensi lebih besar dari versi hatchback. Secara platform, dan nama masih sama. Terkecuali powertrain, dan fitur yang bersarang di dalamnya.

Mobil pelahap seterum itu diberi nama Wuling Bingo SUV yang resmi meluncur baru-baru ini. Secara desain mobil dengan konfigurasi 5-penumpang itu agak mirip dengan BinguoEV, namun dibuat lebih minimalis, dan gagah karena ground clearance tinggi.

Melansir website resminya, Bingo EV memiliki panjang 4.090 mili meter, lebar 1.720 mm, tinggi 1.575, dan jarak poros roda depan ke belakang 2.610 mm. Sedangkan BinguoEV panjangnya 3.950 mm, lebar 1.708 mm, tinggi 1.580 mm.

Artinya Bingo SUV sedikit lebih panjang, dan lebih lebar dari versi hatchback. Ditambah wheelbasnya yang lebar, sehingga penumpang baris kedua memiliki ruang kaki 882 mm. Selain itu, ruang bagasi belakang bisa mencapai 1.450 liter jika kursi baris kedua dilipat.

Selain itu memiliki 23 ruang penyimpanan di kabin. Soal desain interior, jok penumpang depan dan sopir tidak dilengkapi head rest, dan arm rest atau sandaran tangan. Terkait fitur, sistem hiburannya mengandalkan head unit layar sentuh model floating yang dapat terhubung dengan smartphone.

Kemudian SUV kompak pelahap seterum itu punya empat airbags, sedangkan BinguoEV hanya dua airbags. Soal dapur pacunya, tetap mengandalkan baterai lithium ferrophosphate, atau LFP, untuk tipe terendah kapasitasnya 31,9 kWh yang diklaim bisa berjalan 330 km.

Sedangkan tipe menangah 37,9 kWh dengan jarak tempuh 401 km, dan tertingginya punya daya penyimpanan 50,6 kWh sehingga bisa berjalan sejauh 510 km. Semua hasil tersebut merupakan pengujian dari CLTC (China Light Duty Vehicle Test Cycle).

Adapun sumber penggeraknya, mengandalkan motor listrik tunggal di bagian depan. Tenaga puncaknya mencapai 75 kW (100 dk), dan torsi puncaknya 180 Nm. Alhasil, SUV Bingo ini dapat melaju hingga 50 km/jam dalam waktu 3,7 detik.

Wuling Bingo SUV hadir dalam 3 varian, harganya mulai dari 75.800 yuan atau Rp163 juta untuk tipe 330 km, lalu 84.800 yuan atau Rp182,4 juta tipe 401 km, dan 95.800 yuan atau Rp206 juta tipe 510 km.