All New Hyundai Sante Fe Meluncur Oktober di RI, Segini Bocoran Harganya

VIVA Otomotif: Hyundai All New Santa Fe 2023
Sumber :
  • Dok: Hyundai

VIVA – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara terang-terangan mengunggah sejarah panjang Hyundai Sante Fe melalui Instagram Story resminya. Tentu hal tersebut menjadi indikasi hadirnya All New Santa Fe di RI.

Hyundai Sante Fe yang dijual saat ini merupakan generasi keempat, terakhir mendapatkan penyegaran pada 2021. Kini secara global, brand asal Korea Selatan tersebut sudah merilis All New Hyundai Santa Fe.

VIVA Otomotif: Hyundai All New Santa Fe 2023

Photo :
  • Dok: Hyundai

Maka tidak heran jika SUV calon pesaing Honda HR-V, dan Fortuner itu juga akan hadir di Tanah Air, kabar tersebut ditegaskan Head of Marketing Department PT HMID, Arie Hermawan.

“Coming soon di Oktober,” ujar Arie melalui pesan singkat kepada Viva Otomotif, Kamis 19 September 2024.

Saat disinggung terkait keran pemesanan, dia menyebut bahwa untuk informasi produk, dan layanan bisa menghubungi diler terdekat. Artinya secara tidak langsung, konsumen sudah bisa melakukan pemesanan.

Sebelum resmi dijual di Indonesia, Santa Fe generasi terbaru sudah berseliweran di jalan raya dalam proses uji coba, acap kali penampakannya tertangkap kamera dengan selubung kamuflase.

Selain itu derdasarkan Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Hyundai sudah mendaftarkan All New Sante Fe dalam kategori Jeep di NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) produk mereka.

Jenama berlogo H miring tersebut juga mendaftarkan Santa Fe generasi kelima itu dengan kode NSNTAFE, terbagi menjadi tiga varian dengan harga dasar yang berbeda-beda.

Untuk kode NSNTAFEG2.5 2ACLGRPY memiliki NJKB Rp432 juta, NSNTAFEG2.5 2ATPRIME Rp425 juta, dan NSNTFEG16THEV 2ACGRPY dengan harga dasar Rp445 juta.

Berkaca dari kode tersebut, artinya Sante Fe generasi terbaru akan ditawarkan dalam dua powertrain, yaitu konvensional, dan hybrid.

Sesuai dengan kode huruf belakang di NJKB tertingginya, bahwa model tersebut adalah varian Hybrid Electric Vehicle, atau HEV. Maka tidak heran secara harga lebih mahal, dari dua varian lainnya.

Mesin SUV besutan Korea Selatan itu terdapat dua pilihan di pasar global. Pertama, ada mesin bensin 2.500cc turbo berkode Theta III dengan tenaga maksimal 281 PS, dan torsi 421 Nm, berpenggerak empat roda.

Sedangkan pilihan keduanya dibuat ramah lingkungan dengan menggabungkan mesin 1.600cc turbo dengan motor listrik, alias hybrid. Tenaganya disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan ke roda depan.

Santa Fe terbaru memiliki desain yang cukup radikal dibandingkan versi sebelumnya yang masuk RI sejak 2021. Desain eksteriornya yang boksi dengan banyak lekukan patah di setiap sudutnya sangat mencuri perhatian.

Bodinya tampak kaku sekilas mirip Land Rover, atau mobil-mobil SUV di pasar Amerika Serikat yang cendrung bongsor, dan gagah. Lampu utamanya sudah proyektor LED dilengkapi DRL (daytime running light)

Meski terlihat besar, panjangnya tidak melebihi Palisade, hanya 4.830 mili meter, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.720 mm. Tapi  lebih panjang 45 mm, lebih tinggi 10 mm, dan wheelbase lebih panjang 50 mm dari versi sebelumnya.

Bermodal spesifikasi tersebut, kira-kira apakah Hyundai Sante Fe terbaru bisa menyaingi penjualan Honda CR-V e:HEV, atau Fortuner versi bensin?