Diam-diam Hyundai Creta Turbo Siap Dijual di RI, Segini Bocoran Harganya

Hyundai Creta N-Line
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Hyundai Creta menjadi salah satu tulang punggung penjualan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), dan mobil SUV kompak tersebut menjadi produk pertama mereka yang diproduksi lokal.

Saat ini Hyundai Creta ditawarkan 5 varian, terbagi menjadi Trend, Prime, Active, Style, dan termahal Alpha. Bukan hanya itu, produsen berlogo H miring tersebut sepertinya sedang mempersiapkan varian baru.

Produk baru yang dimaksud adalah Hyundai Creta N Line, berkaca dari kode di belakang namanya artinya mobil tersebut akan disematkan bodi kit racikan rumah modifikasi mereka, dari divisi N.

NJKB Hyundai Creta N

Photo :
  • NJKB DKI Jakarta

Melalui Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, diam-diam Hyundai sudah mendaftarkan NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Creta N Line, terdapat tiga varian dengan mesin berbeda.

Pertama Creta NLINE GLS4X2 AT dengan nilai dasar Rp223 juta, kedua Creta NLINETOP4X2 AT Rp236 juta, dan ketiga yang menjadi tipe tertingginya CRETA NTRBO1.5 4X2 AT seharga Rp240 juta.

Berkaca dari kode kasta teratas terdapat huruf TRBO yang diduga turbo, sehingga Creta N Line termahal itu akan menjadi calon pesaing Honda HR-V Turbo yang saat ini harganya mencapai setengah miliar lebih.

Seperti diketahui, Creta N Line di India juga dilengkapi dengan powertrain serupa. Melansir website resminya, SUV kompak itu mengandalkan enjin bensin empat silinder berkapasitas 1.428cc turbo.

Hyundai Creta N-Line

Photo :
  • Carscoops

Mesin pembakaran tersebut dapat menyemburkan tenaga maksimal 160 PS di 5.500 rpm, dan torsi 253 Nm di 1.500-3.500 rpm. DIsalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan, atau matik DCT 7-percepatan ke roda depan.

Di India Creta N Line sudah dipasarkan, desain eksteriornya dibuat berbeda dari edisi standar, ada beberapa tambahan aksen, atau aksesori, sekilas wajahnya jadi mirip All New Kona Electric.

Di awal kemunculannya, Creta versi Indonesia dibuat berbeda dengan India. Mengusung bahasa desain parametric dynamics. Terdapat lampu DRL yang terintegrasi dengan gril, dan lampu utama seakan-akan tidak terlihat ketika dimatikan. 

Bagian belakang lampu pengereman model bumerang, dan spoiler lengkap dengan high monted stop lamp. Secara penampilan memang lebih atraktif, dan berbeda dibandingkan Creta yang sudah meluncur di India pada tahun lalu.

SUV kompak itu dilengkapi panoramic sunroof seperti halnya mobil-mobil mewah. Sistem hiburannya didukung speaker lansiran Bose, panel instrument untuk informasi kendaraan 10,25 inci full warna alias TFT LCD.

Selain itu, mobil pesaing Honda HR-V tersebut disematkan teknologi konektivitas yang disebut Bluelink, yang membuatnya bisa terhubung dengan smartphone melalui jaringan internet dengan aplikasi.

Dibekali mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.497cc dengan tenaga maksimal 115 PS di 6.300 rpm, dan torsi 144,1 Nm di 4.500 rpm. Disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6-percepatan, dan matik IVT (Intelligent Variable Transmission).