Sebelum Meluncur Mitsubishi Xpander Baru Sudah Bisa Dipesan, Segini Harganya

Booth Mitsubishi di IIMS 2024 / Mitsubishi Xpander
Sumber :
  • Dok: MMKSI

VIVA – Diam-diam Mitsubishi Xpander baru akan meluncur dengan sejumlah perubahan. Mobil medium MPV (Multi Purpose Vehicle) tersebut seperti diketahui menjadi tulang punggung Mitsubishi di pasar Indonesia.

Sejak hadir pada 2017 silam, Mitsubishi Xpander menjadi salah satu produk fenomenal karena pernah menyusul penjualan Toyota Avanza sebagai mobil terlaris di awal kemunculannya.

Memasuki 2021, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia merilis versi barunya dengan sejumlah penyegaran. Setelah beberapa tahun hadir di RI, mobil buatan lokal itu juga akan dirilis di negara tetangga.

Mitsubishi Motors Malaysia diam-diam akan meluncurkan Xpander baru dalam waktu dekat. Nah, sebelum resmi dihadirkan ke publik, MPV dengan konfigurasi 7-penumpang itu sudah bisa dipesan di jaringan diler.

“Mitsubishi Xpander facelift 2024 sudah dibuka pemesanannya dengan perkiraan harga 115 ribu ringgit (Rp400 jutaan),” tulis keterangan Paultan.org, dikutip, Rabu 18 September 2024.

Xpander juga mendulang kesuksesan di negeri jiran tersebut, mobil dengan status CKD (Completely Knock Down) itu diproduksi sebanyak 40 ribu unit selama empat tahun belakangan ini, atau hampir 10 ribu unit per tahun.

Soal ubahannya tentu sama dengan versi Indonesia yang sudah hadir sejak 4 tahun lalu. Mobil small MPV baru itu memiliki tampilan lebih padat dan elegan. Bahasa desain dynamic shield tetap dipertahankan sebagai ciri khas produk Mitsubishi dengan desain bumper mengkotak, grill horizontal model susun.

Ubahan mencolok pada headlamp T-shape dengan pencahayaan yang lebih terang, karena jumlah lampu LED di dalam lebih banyak dibandingkan model sebelumnya yang hanya tiga baris seperti Xpander Cross. 

Bagian samping terdapat sentuhan side sill garnish, namun paling mencolok desain pelek berbeda dari sebelumnya. Ukurannya menjadi 17 inci dari 16 inci, sehingga ground clearance lebih tinggi 10 mili meter atau 220 mm.

Buritannya juga ada sejumlah perubahan, bumper dengan sentuhan tailgate garnish, dan reflektor vertikal pada kedua sisi. Rearlamp atau lampu pengereman menjadi lebih padat meski tetap berbentuk tanduk banteng.

Ubahan interior, untuk tipe tertinggi jok-nya dibalut warna krem berbahan kain, lalu dashboard diberikan bahan empuk seperti mobil premium, tidak lagi plastik keras yang kasar.

Menambah kesan elegan pembatas dashboard atas dengan kisi-kisi AC diberikan bahan semi kulit, dipadukan dengan aksen kayu yang memanjang hingga panel instrumen, dan semua bagian interior diberikan jahitan sugguhan.

Pengaturan AC digital, dan rem parkir elektrik artinya idak ada lagi tuas rem parkir yang biasanya di sisi kiri menyatu dengan konsol. Lalu di bawah tombol rem elektrik terdapat tombol auto hold.

Untuk sistem hiburannya dibekali head unit model floating layar sentuh 8 inci, lebih besar 1 inci dari model sebelumnya. hanya tersedia untuk tipe Sport, dan Ultimate, sedangkan GLS dan Exceed ukurannya 7 inci.

Soal jantung pacunya masih sama, yaitu mesin bensin 1.500cc, namun untuk varian transmisi matik sudah mengadopsi CVT 8-percepatan.