Teknologi BYD Ini Bikin Mobil Hybrid Punya Kemampuan Tak Biasa

BYD Yangwang U8 Mejeng di GIIAS 2024
Sumber :
  • Arianti Widya

Tangerang – Produsen otomotif asal China, BYD (Build Your Dreams) mengikuti perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS untuk pertama kalinya.

Di GIIAS 2024 ini, BYD menampilkan mobil listrik canggihnya bernama Yangwang U8, yang bertenaga Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Adapun kendaraan yang masuk ke dalam segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ini menggunakan E4 Platform, sebagai teknologi unggulan BYD yang mampu membuat Yangwang U8 memiliki kemampuan tidak biasa, yakni bisa berputar 359 derajat.

Muhammad Sutan Sholahuddin selaku Technical Support & Training BYD menyampaikan E4 Platform ini membuat Yangwang U8 bisa berputar di tempat dengan empat motor yang tertanam di setiap rodanya.

"BYD Yangwang U8 bisa melakukan tank turn atau berputar di tempat hingga 359 derajat berkat adanya teknologi platform E4. Di setiap rodanya ada satu motor, jadi terdapat empat motor," ujarnya dikutip VIVA Otomotif di ICE BSD, Tangerang.

BYD Yangwang U8

Photo :
  • Arianti Widya

Lebih lanjut, Platform E4 ini merupakan sistem tenaga revolusioner yang terdiri dari tiga core control.

Pertama, empat Motor Independent Drive untuk menggerakkan setiap roda ditenagai oleh motor listriknya sendiri.

Kedua, Friction control berfungsi membaca kondisi jalan untuk mengoptimalkan kinerja motor sehingga pergerakan akan lebih baik di segala kondisi seperti jalan berpasir, tanjakan curam, dan lainnya.

BYD juga menambahkan Body Stability Control pada platform E4 untuk penanganan stabilitas demi kenyamanan penumpang saat kendaraan berjalan di medan jalan melalui sensor yang terintegrasi dengan E4.

Melalui tiga core control dalam E4 Platform, BYD juga menghadirkan sistem kendali yang belum pernah ada sebelumnya melalui pergerakan kendaraan, yang mana kendaraan dapat berputar di tempatnya saat mengaktifkan fitur Tank Turn.

E4 Platform memungkinkan kontrol torsi setiap roda secara presisi, mengaktifkan fitur seperti Tank Turn, dan peningkatan kemampuan off-road.

BYD Yangwang U8

Photo :
  • Arianti Widya

Teknologi Tank Turn pada E-4 platform memungkinkan BYD Yangwang U8 mampu melakukan manuver dengan mudah, termasuk saat parkir di area sempit atau sulit diakses.

Hal ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan dan kemudahan pengemudi Yangwang U8, tetapi juga menonjolkan kecanggihan teknologi BYD dalam memaksimalkan efisiensi ruang dan mobilitas kendaraan besar.

Sebagai informasi tambahan, teknologi E4 dapat memaksinalkan control speed hingga mencapai 20.500 rpm, maximum hp sebesar 1.100 hp dengan puncak kekuatan motor sebesar 220-240 kw.

Berkat teknologi ini, performa BYD Yangwang U8 lebih bertenaga dengan waktu akselerasi 0-100 km/jam 3,6 detik. Jangkauan CLTC (Comprehensive Long Trip Capability) hingga 1.000 km, sehingga cocok untuk perjalanan jauh.